3 Srikandi Jabar VI Lolos ke Senayan, Bukti Caleg Perempuan Bukan Sekadar Pemanis

Sabtu, 11 Mei 2019 - 13:31 WIB
3 Srikandi Jabar VI Lolos ke Senayan, Bukti Caleg Perempuan Bukan Sekadar Pemanis
Foto/Dok SINDO
A A A
DEPOK - Berdasarkan Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara di KPUD Kota Depok dan Kota Bekasi, Dapil Jabar VI dipastikan mengirim tiga srikandi ke Senayan. Ketiganya adalah Intan Fauzi (PAN), Nur Azizah Tamhid (PKS), dan Wenny Haryanto (Golkar).

Direktur Democracy and Elektoral Empowerment Partnership (DEEP) Yusfitriadi mengatakan, terpilihnya tiga srikandi ini membuktikan caleg perempuan tidak sekadar menjadi pemanis pelengkap di partai politik mana pun. Lolosnya ketiga srikandi Dapil Jabar VI ini memberi pesan bahwa caleg perempuan ini memiliki nilai jual tinggi sehingga dipilih oleh masyarakat.

"Saya kira, Dapil Jabar VI yang mampu mengantarkan tiga srikandi ke Senayan harus menjadi prototype bagi wilayah-wilayah lain," katanya, Sabtu (11/5/2019).

Yusfitriadi mengaku, isu caleg perempuan selama ini sangat seksi. Apalagi, masih banyak parpol yang mengikuti kontestasi pada Pemilu 2019 sangat kesulitan memenuhi 30 persen caleg perempuan. Kalaupun pada akhirnya caleg perempuan itu ada, hanya sebagai pelengkap untuk memenuhi kebutuhan 30 persen itu.

"Andaipun ada caleg perempuan yang lolos ke Senayan seperti di Dapil VI Jabar 3 orang sekaligus, saya kira sangat bagus. Meski kasuistik dan tidak masif terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat apalagi di Indonesia, tetapi ini pertanda politisi perempuan juga berbicara di kancah politik nasional," paparnya.

Dia berharap agar tampilnya tiga srikandi Dapil Jabar VI ke Senayan ini menjadi prototype bagi wilayah lain yang tidak banyak bahkan tidak ada perempuan yang lolos ke Senayan.

Para srikandi Jabar VI ini memang sudah diprediksi sejak awal bakal mulus ke Senayan. Sejak perhitungan suara dan awal rekap perolehan suara, mereka selalu unggul dibanding caleg lain.

Peneliti Senior Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus memberi apresiasi kepada para srikandi Dapil Jabar VI yang telah menciptakan pencapaian bagus dalam sejarah perpolitikan di Indonesia. Hal ini sekaligus membuktikan pertarungan politik itu tidak memandang jenis kelamin.

"Saya mengapresiasi keberhasilan caleg perempuan ini karena ini menjadi pembuktian, mereka tidak main-main dalam politik," katanya.

Menurutnya, ketiga srikandi Jabar VI ini memang pantas menjadi wakil rakyat. Ketiganya punya kapasitas menjadi wakil rakyat serta memiliki rekam jejak yang bagus. Karena itu, dia percaya ketiganya mampu mengartikulasikan kepentingan rakyat di DPR. Dia berharap kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada ketiga srikandi ini jangan disia-siakan.

"Buktikan kepada pemilih bahwa layak mengemban tugas sebagai legislator di Senayan nanti. Tentu di balik kepercayaan ada tanggung jawab besar yang diemban. Maka tunjukkan itu melalui perjuangan di parlemen nanti."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2533 seconds (0.1#10.140)