XL Kembangkan Internet Pintar untuk Peternak Ayam

Jum'at, 10 Mei 2019 - 22:23 WIB
XL Kembangkan Internet Pintar untuk Peternak Ayam
XL dan PT Sierad Produce Tbk saat penandatangan kerja sama pengembangan IoT belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengembangkan smart poultry dengan menerapkan solusi Internet of Things (IoT) guna meningkatkan efisiensi dan evektifitas produksi unggas para peternak ayam.

Pengembangan teknologi itu dilakukan XL Business Solutions bersama PT Sierad Produce Tbk. Solusi IoT dipilih karena mampu memberikan visibilitas real time, mengotomatiskan proses manual, dan juga memberikan nilai tambah kepada peternakan unggas melalui analisa big data.

Chief Enterprise & SME XL Axiata Kirill Mankovski mengatakan, teknologi ini memberikan solusi end-to-end dan sensor yang menggunakan platform FlexIOT. Sehingga dapat mendigitalisasi berbagai rangkaian proses dalam beternak ayam.

“Melalui teknologi ini, kami berharap bisnis semakin bertumbuh. Tidak hanya cepat melainkan juga lebih produktif dan efisien. Ini upaya kami untuk mengembangkan solusi berdasarkan situasi nyata yang dihadapi klien kami,” kata dia dalam siaran persnya, Jimat (10/5/2019).

Sementara itu, Direktur Utama PT Sierad Produce Tbk Tommy Wattimena mengatakan, Smart Poultry adalah wujud nyata dari evolusi Industri 4.0 pada sektor peternakan. Menurutnya, solusi IoT sangat cocok untuk diterapkan di industri peternakan.

Digitalisasi dalam hal produksi perlu dilakukan oleh industri peternakan untuk meminimalisir jumlah kematian unggas serta meningkatkan kualitas dari unggas tersebut yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas peternakan.

Selama ini, kata dia, metode yang digunakan peternak masih serba manual sehingga memerlukan banyak tenaga kerja dan memakan waktu.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur dan sensor IoT dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam serangkaian proses mulai dari memantau lingkungan, otomasi pemberian makan, hingga memastikan kondisi ternak. “Jika hal buruk terjadi maka bisa segera dilaporkan untuk diambil tindakan yang diperlukan,” jelas dia.

Diketahui, XL Axiata menyediakan platform digital berbasis cloud, layanan integrasi IoT, termasuk integrasi antara sensor dan otomasi peralatan-peralatan di kandang ayam. Saat ini solusi Smart Poultry tersebut telah selesai diimplementasikan dan dan dalam masa uji coba.

Ada lima fitur utama pada dalam solusi Smart Poultry ini. Pertama, fitur real-time monitoring untuk mengetahui ketersediaan makanan, air minum, berat ayam, juga kondisi lingkungan menyangkut suhu, kelembaban, NH3, air velocity, dan intensitas cahaya. Kedua, controlling, yaitu kemampuan mengendalikan berbagai peralatan dari jarak jauh secara terintegrasi.

Fitur selanjutnya adalah alerting atau notification, yaitu kapabilitas memberikan notifikasi secara otomatis kepada pengelola bilamana terjadi suatu situasi tertentu.

Kemudian ada juga fitur otomatis untuk menjaga stabilitas suhu dalam ruang. Lalu ada pula fitur Analytics untuk mengetahui hasil analisa atas produktivitas ternak.

Pengembangan proyek Smart Poultry ini telah dimulai sejak tahun lalu dan diharapkan uji coba tersebut akan selesai di periode kwartal 2/2019 untuk selanjutnya siap diterapkan dalam skala komersial yang lebih besar.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3093 seconds (0.1#10.140)