Penerbangan Haji di Bandara Kertajati Dimulai Tahun Ini

Jum'at, 10 Mei 2019 - 15:50 WIB
Penerbangan Haji di Bandara Kertajati Dimulai Tahun Ini
Tiga menteri memutuskan penerbangan jamaah haji asal Jabar di BIJB dimulai tahun ini, Jumat (10/5/2019). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Pemerintah memutuskan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, menjadi bandara pemberangkatan jamaah haji asal Jawa Barat mulai tahun ini.

Keputusan tersebut diambil melalui kesepakatan tiga menteri yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Bandara Kertajati untuk Pelaksanaan Haji dan Umrah di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Rapat dihadiri Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Asisten Daerah Bidang Hukum dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Jabar Dauh Achmad, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar Hery Antasari, serta Direktur Keuangan dan Umum PT BIJB Muhamad Singgih.

Ditemui seusai rapat, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, ketiga menteri telah sepakat dan memutuskan BIJB menjadi bandara keberangkatan dan embarkasi jamaah haji asal Jabar mulai tahun ini. "Sudah disepakati oleh tiga menteri, memutuskan bahwa tahun ini Bandara Internasional Kertajati dipakai untuk embarkasi haji dari Jawa Barat," ujar Uu.

Menurut Uu, Pemprov Jabar bersama operator bandara sudah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, seperti asrama haji. Ada dua lokasi yang bisa digunakan untuk asrama yakni di Cirebon dan Majalengka.

"Jadi, di saat ada keputusan ini kami tidak terlalu sibuk karena sudah ada persiapan. Pada prinsipnya kami siap untuk asrama," tegasnya seraya mengatakan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan menggelar rapat koordinasi untuk menyikapi keputusan ini, Senin pekan depan.

Sementara, untuk penerbangan jamaah umrah, lanjut Uu, BIJB sebelumnya sudah melayani penerbangan umrah. Namun, mulai tahun ini, penerbangan umrah dari BIJB akan dioptimalkan. "Keputusan yang kedua dari tiga menteri ini umrah untuk wilayah Jawa Barat harus dari Embarkasi Kertajati," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Hery Antasari mengatakan, penerbangan haji dan umrah akan mendorong optimalisasi BIJB sebagai sarana perhubungan udara utama di Jabar. Terlebih, kata Heri, pemerintah juga sudah memutuskan bahwa mulai 15 Juni 2019, sebanyak 12 rute penerbangan ke luar Pulau Jawa dari 19 rute penerbangan di Bandara Husein Sastranegara Bandung akan dipindah ke BIJB.

"Umrah dan haji ini tentu akan semakin mendorong Bandara Kertajati ini menjadi hub utama lewat udara untuk Jawa Barat. Selain juga sudah diputuskan secara terpisah terkait komersial yang memindahkan (penerbangan) dari Bandara Husein Sastranegara (Bandung) ke Bandara Kertajati," paparnya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendukung penuh penggunaan BIJB untuk penerbangan haji dan umrah. Namun, Lukman menekankan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Pertama, ketersediaan asrama haji. Menurut dia, asrama haji tidak hanya berfungsi sebagai tempat penginapan, tapi juga sebagai tempat karantina calon jamaah haji. Oleh karenanya, asrama haji harus steril serta mempunyai kelaikan sistem standar pelayanan dan penyelenggaraan ibadah haji. "Asrama ini tidak hanya untuk menginap, tapi juga perlu ada aula yang besar untuk menghimpun semua jamaah haji," jelas Lukman.

Untuk maskapai penerbangan sendiri, kata Lukman, Kemenhub akan menghitung berapa kloter yang dapat berangkat dari BIJB, dari total 20 kloter jamaah haji asal Jabar.

Sementara itu, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, penerbangan haji dan umrah akan memberikan pengaruh terhadap traffic penerbangan di Jakarta. "Ini (penerbangan haji dan umrah dari Kertajati) akan mempengaruhi traffic di Jakarta dan akan memfungsikan Kertajati lebih bagus," ujar Luhut.

Senada dengan Luhut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penerbangan haji dan umrah di BIJB juga akan berpengaruh pada rotasi pesawat dan slot penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke BIJB. "Jadi, nanti akan ada sebagian slot penerbangan dari Bandara Seokarno-Hatta (pindah) ke Bandara Kertajati," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2437 seconds (0.1#10.140)