Kementerian Kominfo Sosialisasikan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat di Karawang

Kamis, 09 Mei 2019 - 18:11 WIB
Kementerian Kominfo Sosialisasikan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat di Karawang
Puluhan peserta mengikuti sosoialisasi stunting yang diselenggarakan Kementerian Kominfo. Foto/Istimewa
A A A
KARAWANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Sosialisasi Gerakan Hidup Bersih dan Sehat (Genbest) di Karawang, Jawa Barat, Kamis (9/5/2019). Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menurunkan prevalensi stunting di sejumlah daerah di Indonesia. Kabupaten Karawang termasuk daerah yang cukup banyak penderita stunting yaitu jumlah terbanyak ada di 10 desa.

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Wiryanta mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan penderita stunting terbanyak kedua di dunia setelah Kamboja. Penurunan prevalensi stunting di Indonesia sangat sedikit hingga belum signifikan.

Tahun 2013, persentase stunting mencapai 37,2 persen dari angka kelahiran. Tahun 2018 turun menjadi 30,8 persen. "Penurunannya masih sedikit, masih di kisaran 30 persen dari angka kelahiran. Ini belum sesuai dengan target pemerintah yang sudah ditarget 20 persen," katanya.

Menurut Wiryanta, Presiden Jokowi sudah meminta semua kementerian dan pihak terkait bekerja sama menurunkan prevalensi stunting hingga di bawah 20 persen. Untuk mencapai target itu tidak bisa diselesaikan oleh Kementerian Kesehatan atau badan di bawahnya saja, tapi harus melibatkan seluruh instansi.

"Kami sendiri dari Kementerian Kominfo turut andil mencegah stunting melalui sosialisasi, menyebarkan informasi kepada masyarakat melalui media arus utama seperti radio, televesi, media cetak, media online," ujarnya.

Wiryanta mengatakan, sosialisasi Genbest sangat penting dilakukan demimenciptakan generasi penerus dengan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mendukung Indonesia menuju negara maju. Apalagi, 2030 nanti Indonesia akan mengalami bonus demografi.

"Ini yang perlu kami antisipasi karena usia muda pada tahun itu cukup banyak. Sosialisasi ini menyasar generasi milenial yang menuju usia perkawinan, sebagai wawasan mereka," katanya.

Beberapa wilayah di Karawang dengan angka penderita stunting yakni Desa Sindangkarya, Kutagandok, dan Mulyajaya di Kecamatan Kutawaluya; Desa Baturaden di Kecamatan Batujaya; Desa Srikamulyan di Kecamatan Tirtajaya; Desa Sukakerta di Kecamatan Cilamaya Wetan; Desa Kamurang di Kecamatan Tirtamulya, Desa Gembong dan Pamekaran di Kecamayan Banyusari; dan Desa Ciptamarga di Kecamatan Jayakerta.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8832 seconds (0.1#10.140)