alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Stabilkan Harga, Dispangtan Purwakarta Jual Murah 150 Ton Beras Medium

Asep Supiandi
Stabilkan Harga, Dispangtan Purwakarta Jual Murah 150 Ton Beras Medium
Warga cukup antusias mendatangi lokasi bazar yang digelar Pemkab Purwakarta. Foto/Istimewa

PURWAKARTA - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Purwakarta menyiapkan sebanyak 150 ton beras murah dengan kualitas medium untuk kebutuhan selama Ramadhan.  Tingginya kebutuhan beras dapat terpenuhi secara maksimal.

Kepala Dispangtan Purwakarta Agus Rachlan Suherlan mengungkapkan, pihaknya telah menggandeng tiga pengembangan usaha pangan masyarakat (PUPM) untuk penyediaan beras tersebut. Setiap PUPM mampu menyediakan sebanyak 50 ton beras medium. Media penyaluran beras itu dilakukan melalui bazar sembako murah di 13 kecamatan.

"Animo masyarakat untuk beras ini sangat positif. Beras yang berhasil terjual dalam sekali bazar hampir mencapai 1 ton," ujar Agus, Kamis (9/5/2019).



Menurutnya, bazar it bertujuan untuk menstabilkan harga pasar.  Selama Ramadhan hingga Lebaran harga-harga bahan pangan di pasaran melonjak tajam, seperti komoditas bawang putih.

Soal harga pada bazarnya itu, Agus mengaku bahan pangan yang tersedia itu langsung dari distributor atau produsennya. "Kenapa harga di bazar ini murah, karena mata rantai distribusinya dipangkas. Kami mendatangkan dari distributor ataupun produsennya langsung," ujar Agus.

Menurutnya, harga beras medium Rp8.500/kilogram. Sedangkan daging sapi beku Rp75.000 /kilogram. Minyak goreng Rp11.000/kilogram, gula pasir Rp11.000/kilogram. Sedangkan telur ayam Rp20.000/kilogram.



(zik)