Jalan Nasional di Ibu Kota Pangandaran Rusak Picu Kecelakaan

Rabu, 08 Mei 2019 - 15:46 WIB
Jalan Nasional di Ibu Kota Pangandaran Rusak Picu Kecelakaan
Jalan nasional di Ibu Kota Kabupaten Pangandaran rusak. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Kondisi jalan nasional di Ibu Kota Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dalam kondisi rusak. Akibat kerusakan tersebut banyak pengguna jalan yang mengalami kecelakaan tunggal lantaran melintas jalan berlubang.

Salah seorang warga Dusun Astamaya, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran Yadi mengatakan, tingkat kerusakan sudah masuk pada kategori membahayakan terutama pengguna jalan kendaraan roda dua.

"Setiap malam di jalur Cijulang, Parigi, Karangbenda hiingga Kemplung terjadi kecelakaan tunggal," kata Yadi, Rabu (8/5/2019).

Kecelakaan tunggal rata-rata dipicu oleh kondisi jalan berlubang saat pengguna jalan kendaraan roda dua menghindar lubang yang ada di jalan.
"Jika cuaca sedang terjadi hujan, lubang tidak terlihat, sehingga motor yang melintas kerap mengalami jatuh," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan tunggal pada malam hari, warga berinisiatif memberi tanda dengan menyimpan ban mobil dan ban motor bekas. "Karena banyak yang melintas ke lubang dan terjatuh akhirnya warga sepakat menyimpan ban bekas agar tidak dilalui pengguna jalan," ujar Yadi.

Yadi berharap, Pemerintah Kabupaten Pangandaran melakukan permohonan perbaikan jalan nasional yang rusak karena membahayakan pengguna jalan. "Sebentar lagi arus mudik Lebaran akan tiba, kami khawatir di tengah ramainya kendaraan yang lewat terjadi kecelakaan sehingga merugikan pengguna jalan," jelas Yadi.

Selain itu, jalur nasional tersebut juga salah satu akses pengunjung wisata yang hendak berlibur ke sejumlah objek wisata di Pangandaran.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1042 seconds (0.1#10.140)