alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Meriahkan Ramadhan 1440 H, Masjid Nururrahman Depok Gelar 20 Kegiatan

Abdul Malik Mubarok
Meriahkan Ramadhan 1440 H, Masjid Nururrahman Depok Gelar 20 Kegiatan
Ketua BKM Nururrahman Depok Syahruddin El-Fikri memberikan materi dalam kegiatan Pesantren Quran Muslimah. Foto/Istimewa

DEPOK - Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Nururrahman Depok, Jawa Barat, menyiapkan 20 kegiatan untuk mengisi Bulan Ramadhan 1440 H. Kegiatan itu antara lain tarawih berjamaah, buka puasa bersama, tadarus Alquran, pesantren kilat, iktikaf, peringatan Nuzulul Quran, hingga penerimaan zakat fitrah.
 
"Khusus tadarus, kami menyelenggarakan tiga shift, yakni untuk bapak-bapak dilaksanakan pada bakda Tarawih, ibu-ibu bakda Salat Subuh, dan tilawah anak-anak atau remaja masjid diselenggarakan bakda Asar," kata Ustaz Khoerudin, ketua panitia Ramadhan Masjid Nururrahman, dalam siaran persnya, Selasa (7/5/2019).

Menurut Khoerudin, kegiatan tadarus atau membaca Alquran ini telah selenggarakan sejak tujuh tahun silam. "Kegiatan ini dimaksudkan agar jamaah Masjid Nururrahman terus meningkatkan perbaikan pembacaan dan pemahaman pada Alquran," ujarnya.

Guru Dian Didaktika Cinere ini juga menambahkan, setiap tahun minimal dua kali khataman Alquran di Masjid Nururrahman selama Ramadhan. Yang artinya, kata dia, setiap malam tadarus untuk bapak-bapak itu dibaca sebanyak dua juz.



Menurutnya, kegiatan ini berdampak positif pada bacaan jamaah. Yang lancar, ungkapnya, bisa makin lancar dan baik bacaannya. Sedangkan yang belum lancar, lanjutnya, akan makin terbiasa membaca Alquran. "Dengan kegiatan tadarus ini, setidaknya jamaah Masjid Nururrahman terus dekat dengan Alquran," katanya.

Salah seorang peserta tadarus bapak-bapak, Abdurrahman Said mengatakan, ia merasa bahagia bisa ikut serta dalam kegiatan tadarus Alquran yang diselenggarakan BKM Nururrahman ini. "Alhamdulillah, ini tahun keempat mengikuti tadarus bersama ini. Semoga kegiatan ini terus mendorong semangat jamaah, khususnya orang seperti saya yang sibuk dengan kegiatan rutin sehari-hari, bisa meluangkan waktu untuk dekat dengan Alquran," katanya.

Ketua BKM Nururrahman Syahruddin El-Fikri mengatakan, tadarus Alquran ini selalu didampingi guru mengaji. "Untuk tadarus bapak-bapak didampingi dan dibimbing ustaz, sedangkan untuk tadarus ibu-ibu didampingi ustazah dari Majelis Taklim Khoirunnisa Masjid Nururrahman," katanya.

Pesantren Quran Muslimah
Selain tadarus, kegiatan lainnya yang diselenggarakan BKM Nururrahman adalah Pesantren Quran Muslimah. "Melalui Majelis Taklim Khoirunnisa, kami juga membuat kegiatan yang dikhususkan untuk ibu-ibu Muslimah, yakni Pesantren Quran Muslimah,” ujar Syahruddin.

Syahruddin mengatakan, kegiatan Pesantren Quran Muslimah di Masjid Nururrahman Depok ini, diselenggarakan selama lima hari, dimulai sejak Selasa hingga Sabtu (7-11 Mei 2019), dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. "Alhamdulillah kegiatan ini diikuti sekitar 30-40 peserta," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini, para peserta dibimbing oleh pengajar atau pembimbing yang sudah terlatih dan terampil. Sistem pengajarannya juga dibuat sedemikian menyenangkan, agar ibu-ibu mudah memahami setiap materi yang diajarkan. "Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi ibu-ibu jamaah Masjid Nururrahman, khususnya, dan lingkungan di sekitarnya," tuturnya.

Ketua Majelis Taklim Khoirunnisa Mar'atus Sholihah mengatakan, kegiatan Pesantren Quran Muslimah 2019 merupakan tahun kedua penyelenggaraan. Ia berharap kegiatan ini terus menebarkan 'virus kebaikan' bagi lingkungan.

"Tentu saja, kami berharap, kegiatan ini mampu memberikan manfaat untuk ibu-ibu dalam memahami dan mendalami Alquran, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Salah seorang peserta, Ibu Fadila mengatakan, sangat senang dan bahagia bisa mengikuti kegiatan Pesantren Quran Muslimah ini. "Kegiatan ini sangat positif dan banyak manfaat," ujarnya.



(zik)

loading...