70 Kg Ganja Disembunyikan dalam Ban Mobil

Selasa, 07 Mei 2019 - 12:53 WIB
70 Kg Ganja Disembunyikan dalam Ban Mobil
70 kg ganja disembunyikan dalam ban mobil. BNNP Jabar berhasil mengungkapnya dan menangkap pelaku. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat mengungkap kasus narkoba jenis ganja yang akan diedarkan ke Jawa Barat. Petugas BNNP Jabar mengamankan 70 kilogram ganja dan dua tersangka pengedar RA dan MS di Kabupaten Bogor pada akhir April 2019.

Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol Sufyan Syarif mengatakan, pengungkapan ini berawal dari informasi ada ganja dalam jumlah besar yang akan masuk Jabar. Pelaku membawa ganja melalui jalur darat sejak berangkat dari Aceh hingga Kabupaten Bogor. Pelaku menyeberang menggunakan kapal feri dari Lampung ke Banten.

"Informasi itu kami dalami. Lalu kami memantau salah satu kendaraan jenis Innova dari Banten lalu ke Jakarta. Di jalan tol kami buntuti," kata Sufyan di Kantor BNNP Jabar, Selasa (7/5/2019).

Saat dibuntuti, ujar Kepala BNNP Jabar, mobil Innova itu di-towing atau diderek kendaraan lain lalu berhenti di salah satu tempat penjualan ban. Di sini pelaku mengganti ban mobil Innova tersebut. "Saat di tempat penjualan ban, kami sergap. Pelaku tengah membongkar ban mobil Innova yang diisi ganja agar tidak terendus petugas," ujar Sufyan.

Menurut Sufyan, modus menyembunyikan ganja di dalam ban mobil adalah modus lama. "Ini modus lama. Yang baru adalah menderek mobil atau towing. Ini menjadi modus baru," tutur dia.

Sufyan mengungkapkan, berdasarkan pemeriksaan penyidik, total ganja yang diamankan dalam pengungkapan ini 70 kilogram ganja dalam lima ban mobil Innova. Selain itu petugas juga menyita dua unit handphone yang digunakan pelaku RA dan MS untuk bertransaksi.

Tersangka RA dan MS, ungkap Sufyan, merupakan pengedar yang kerap memasok ganja ke Bogor. Namun, BNNP Jabar masih mendalami jaringannya. "Kedua pelaku ini pengedar. Kami masih dalami jaringannya. Yang pasti ganja dipastikan asal Aceh. Dengan pengungkapan ini, BNNP Jabar berhasil menyelamatkan 470.000 jiwa," kata dia.

Saat ini tim BNNP Jabar masih memburu satu orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) atau buron berinisial T alias I. "T ini diduga bandar besar ganja, masih kami buru," pungkas Sufyan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1057 seconds (0.1#10.140)