12.000 Liter Air Bantuan Polres Cirebon Ludes dalam 1 Jam

Kamis, 16 Agustus 2018 - 22:19 WIB
12.000 Liter Air Bantuan Polres Cirebon Ludes dalam 1 Jam
Warga Desa Slangit, Klangenan menyerbu bantuan air bersih dari Polres Cirebon. Foto/MNC News/Toiskandar
A A A
CIREBON - Ratusan warga Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, berebut air bersih bantuan Polres Cirebon, Kamis (16/8/2018) sore.

Takut tak kebagian, mereka berdesakan untuk mendapatkan air bersih yang dibawa mobil water cannon milik Polres Cirebon. Mereka membawa ember dan jeriken. Dalam waktu kurang dari satu jam, 12.000 liter air bersih ludes diangkut warga ke rumah masing-masing.

Untuk membantu masyarakat di wilayah barat Cirebon yang mengalami krisis air selama musim kemarau itu, Polres Cirebon membagikan gratis sebanyak 12.000 liter air bersih. Selain water cannon, air bersih juga diangkut menggunakan truk tangki.

Warga Desa Slangit telah tiga bulan mengalami krisis air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti masak, mencuci, dan mandi. Sebagian sumur warga dan sumber air sudah mengering. Tak heran jika warga sangat senang mendapatkan bantuan air bersih dari Polres Cirebon.

Pantuan di lokasi, mereka sejak siang sudah menunggu kedatangan water cannon yang membawa air bersih gratis. Awalnya, proses pembagian air bersih tersebut berlangsung tertib. Ratusan warga antre.

Namun lama kelamaan, warga mulai tak sabar. Mereka khawatir tak kebagian air bersih. Akhirnya, mereka mulai berdesakan dan berebut untuk pertama mendapatkan giliran ember atau jeriken diisi air. Bahkan warga pun berusaha merebut selang yang dipegang petugas.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengatkaan, pembagian air bersih gratis ini rencananya akan dilaksanakan secara berkala dan ke desa-desa lain di Cirebon. Sebab, puncak kekeringan di Desa Slangit akan terjadi pada September hingga Oktober mendatang.

“Kami menyalurkan bantuan air bersih ke Desa Slangit, karena warga di sini telah mengalami krisis air bersih sejak tiga bulan terkhir,” kata Suhermanto di lokasi pembagian air.

Kepala Desa Slangit Sura mengatakan, warga berharap bantuan air bersih lebih digencarkan mengingat sumur dan sumber air di desa ini sudah kering kerontang. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Polres Cirebon yang memberikan bantuan air bersih untuk warga,” kata Sura.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7482 seconds (0.1#10.140)