Kapolda Baru Diminta Tingkatkan Prestasi Polda Jabar

Minggu, 05 Mei 2019 - 01:33 WIB
Kapolda Baru Diminta Tingkatkan Prestasi Polda Jabar
Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi (kiri) dan Kabaintelkam Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat penyambutan di Mapolda Jabar. Foto/Istimewa/Bid Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jabar menggelar upacara penyambutan Kapolda Jabar baru Irjen Pol Rudy Sufahriadi yang menggantikan Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung,Sabtu (4/5/2019).

Upacara diawali dengan pedang pora. Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi didampingi istriLulytha Rudy Sufahriadi bersama Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan istri Erwinia Charita atau Winnie berjalan di antara pedang yang berbaris di kiri dan kanan.

Kapolda dan istri berjalan lambat dibelakang Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan istri sambil diiringi tarian selamat datang. Rudy dan istri menyalami para kapolres se-Jabar yang berbaris menyambut kedatangan Kapolda Jabar yang baru.

Tiba di pintu depan gedung Mapolda Jabar, Rudy dan istri disambut oleh Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan istri. Agung yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri, mengalungkan rangkaian bunga melati kepada Rudy.

Setelah bersalaman dan berpelukan, kedua petinggi Polri tersebut berbincang sejenak lalu menuju lapangan upacara. Di sini, Irjen Pol Agung menyerahkan pataka Polda Jabar, Ganda Wibawa Cakti, kepada Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, serah terima jabatan merupakan bagian dari siklus pembinaan SDM Polri dalam rangka kaderisasi dan regenerasi pada level top management yang telah disusun dan dijalankan secara terencana, terpola, dan terprogram sesuai kebutuhan organisasi Polri.

Berbagai program kerja yang telah dilaksanakan, kata Agung, tentunya atas dukungan dan kerja keras seluruh staf dan jajaran. "Karena itu, diucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Kasatker dan Kasatwil beserta seluruh personel Polda Jabar yang telah bertugas secara optimal," kata Agung.

Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Irjen Pol Agung Budi Maryoto atas kepemimpinan dan pelaksanaan tugas dalam mendinamisasi, operasionalisasi Polda Jabar dan jajaran, sehingga mampu meletakkan dasar-dasar kepemimpinan komprehensif, dan menjalin hubungan kerja dengan kemitraan harmonis serta bersinergis dengan pemerintah daerah maupun instansi terkait, serta seluruh potensi masyarakat Jawa Barat.

"Pencapaian itu akan menjadi acuan yang memudahkan langkah kerja berikutnya dalam memimpin organisasi Polda Jabar ini. Sehingga, tugas-tugas Polri dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, dapat terwujud, khususnya pada pelaksanaan pengamanan tahapan Pemilu 2019," kata Rudy.

Di pengujung acara farewell and welcome parade, dilaksanakan pelepasan Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan istri Winnie Agung Budi Maryoto dari lapangan Mapolda Jabar hingga pintu keluar Mapolda Jabar menggunakan panser.

Kapolda Baru Diminta Tingkatkan Prestasi Polda Jabar


Sebelumnya, Kabaintelkam Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi menggelar pertemuan di Aula Herman Sudjanadiwirya, Mapolda Jabar. Hadir pula dalam pertemuan di aula tersebut,Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Suwandono, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus, pejabat utama Polda Jabar, para kapolres jajaran Polda Jabar.

Kabaintelkam Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto menjelaskan tentang situasi, kondisi, dinamika pelaksanaan tugas, dan hasil yang dicapai oleh Polda Jabar periode September 2017 sampai April 2019. Hal ini untuk memberikan gambaran kepada Kapolda Jabar yang baru mengenai situasi dan kondisi Polda Jabar.

"Perkembangan situasi kamtibmas, kesatuan, program kegiatan yang dilaksanakan, dan hasil yang dicapai selama saya menjabat Kapolda Jabar, mudah-mudahan dapat ditingkatkan oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi," kata Agung.

Agung mengemukakan, untuk memelihara kamtibmas, menegakan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat, Polda Jabar telah melakukan cipta kondisi dengan melakukan Operasi Kepolisian Mandiri, operasi rutin, dan terpusat.

"Polda Jawa Barat telah melakukan berbagai kegiatan dan terobosan kreatif sebagai langkah antisipatif untuk memelihara kamtibmas. Melakukan penegakan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah hukum Polda Jabar," ujar Agung.

Dalam sambutannya, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi meminta dukungan dari semua unsur termasuk dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, pejabat utama Polda Jabar, dan seluruh anggota Polda Jabar.

Di akhir acara Kabaintelkam Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto memberikan Buku Laporan Kesatuan Polda Jabar kepada Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Kapolda Baru Diminta Tingkatkan Prestasi Polda Jabar
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3162 seconds (0.1#10.140)