Massa Berkostum Hitam-Hitam Bentrok dengan Polisi di Bandung

Rabu, 01 Mei 2019 - 14:57 WIB
Massa Berkostum Hitam-Hitam Bentrok dengan Polisi di Bandung
Petugas berusaha membubarkan kelompok massa berkostum hitam-hitam. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Ribuan buruh menggelar peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Jalan Diponegoro depan Gedung Sate, Rabu (1/5/2019). Aksi buruh di depan Kantor Gubernur Jabar itu berlangsung damai. Namun di lokasi lain, sekelompok pemuda yang mengenakan kaus dan celana hitam datang dari arah Jalan Ir H Djuanda (Dago) berupaya memprovokasi melakukan tindakan anarkistis.

Aparat kepolisian yang menjaga ketat aksi tersebut bertindak tegas. Petugas berusaha membubarkan kelompok massa berkostum hitam-hitam di Jalan Singaperbangsa, kawasan Dipatiukur. Kelompok massa berkostum hitam-hitam yang mempersenjatai diri dengan flare, double stick, dan cutter itu berupaya melawan petugas.
Polisi dari Polrestabes Bandung akhirnya terpancing hingga terjadi tindakan keras terhadap kelompok massa tersebut.

Saat polisi menindak tegas kelompok massa yang hendak memancing aksi anarkistis buruh tersebut, wartawan yang sedang melaksanakan peliputan mengabadikan peristiwa itu. Petugas melarang wartawan mengambil foto dan merekam tindakan tegas polisi. Akibatnya, dua wartawan diamankan petugas.

Aliansi Jurnalis Independan (AJI) Bandung dalam rilisnya menyebutkan, fotografer Tempo Prima Mulia dan jurnalis freelance Iqbal Kusumadireza (Reza) hendak meliput aksi buruh di Gedung Sate.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0278 seconds (0.1#10.140)