alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

3 Hari Hanyut di Sungai Citarik, Kakek Ahim Ditemukan Tak Bernyawa

Agus Warsudi
3 Hari Hanyut di Sungai Citarik, Kakek Ahim Ditemukan Tak Bernyawa
Jenazah Kakek Ahim saat dievakuasi. Foto/Istimewa/Basarnas Bandung

BANDUNG - Kakek Ahim (70), warga Kampung Putes, Desa Cibodas RT 03/05, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ditemukan tak bernyawa, Rabu (1/5/2019). Korban sejak tiga hari lalu hanyut di Sungai Citarik.

Korban ditemukan oleh tim Basarnas Bandung, TNI dari Koramil Majalaya, Polri di Polsek Solokan Jeruk, BPBD Kabupaten Bandung, dan warga, sekitar 2 kilometer dari lokasi Kakek Ahim tergelincir dan hanyut terseret arus Sungai Citarik.

Humas Basarnas Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, setelah ditemukan dan dievakuasi, korban Kakek Ahim dibawa ke rumah duka dan segera dimakamkan siang ini. "Korban hanyut di Sungai Citarik sejak Senin 29 April 2019 sekitar pukul 15.00 WIB," kata Joshua.



Setelah menerima laporan, ujar Joshua, Basarnas Bandung menerjunkan satu tim search and rescue (SAR) yang dipimpin Dantim Idham Pratama. Tim SAR dilengkapi dengan peralatan perahu karet.

"Sejak Senin sore hingga malam tim melakukan penyisiran sepanjang Sungai Citarik menggunakan perahu karet. Namun korban belum berhasil ditemukan," ujar Joshua.

Pencarian pun dilanjutkan pada Selasa 30 April 2019 dengan menggunakan perahu karet. Tim yang dibagi dua menyisir tepi sungai. "Tim yang menggunakan perahu karet berusaha membuat gelombang dengan cara berputar angka 8 di permukaan air. Sedangkan tim darat menyisir sepanjang tepi sungai sejauh 3 kilometer," tutur Joshua.

Namun pencarian pada hari kedua itu pun belum membuahkan hasil meski penyirian dilakukan sampai pintu air. "Tim menghadapi kendala di lapangan. Air sungai keruh, banyak sampah, dan dangkal. Kondisi ini menyulitkan penggunaan outboard motor. Selain itu, akses jalan menuju lokasi kejadian sempit," jelasnya,

Akhirnya upaya tim SAR gabungan yang tak kenal lelah itu membuahlan hasil hari ini. Korban pun dievakuasi dan dibawa ke rumah duka.



(zik)