Pemprov Jabar Gelar Konferensi Internasional Ekonomi Kreatif

Rabu, 01 Mei 2019 - 01:05 WIB
Pemprov Jabar Gelar Konferensi Internasional Ekonomi Kreatif
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Untuk pertama kalinya, Pemprov Jawa Barat akan menggelar konferensi internasional bidang ekonomi kreatif. Konferensi bertajuk International Conference on Creative Economy ini akan digelar di Hotel Grand Mercure Bandung dan Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, 2-3 Mei 2019.

Konferensi ini akan dihadiri 18 duta besar negara sahabat, perwakilan dari 20 provinsi, 8 kementerian, 250 partisipan dari 27 kota/kabupaten di Jabar, serta praktisi, akademisi, dan pegiat ekonomi kreatif nasional maupun mancanegara.

"Ini adalah sebuah event yang baru pertama kali diadakan di Jawa Barat dan akan rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai calender of event economic creative of West Java," ujar Kepala Dinas Pariwsata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik di Bandung, Selasa (30/4/2019).

Dedi menjelaskan, pihaknya menginisiasi event internasional ini mengingat warga Jabar, khususnya kalangan milenial atau Generasi Z, memiliki antusiasme yang luar biasa terhadap pengembangan ekonomi kreatif.

Dari 16 sub sektor ekonomi kreatif yang dirilis Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), kata Dedi, hampir semuanya berada di Jabar dan mampu menyumbang devisa cukup besar pada negara, khususnya di bidang kuliner, fesyen, dan kerajinan.

"Pemprov Jabar serius mengembangkan ekonomi kreatif. Bukan hanya slogan semata, namun dibuktikan dengan beberapa program, di antaranya konferensi internasional ini," jelas Dedi.

Sejumlah tokoh perubahan di bidang ekonomi kreatif akan hadir dan menjadi pembicara, seperti Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Kepala Bekraf Triawan Munaf.

Pembicara lainnya, Kenneth Cobonpue dari Filipina, Emily Ong dari Singapura, Jia-Ping Lee dari Malaysia, Imhathai Kunjina dari Thailand, Daniel Donnelly/Camelia Harahap/Malaya Del Rosario dari British Council, Hirokazu Nagata dari Jepang, serta Arief Budiman dari Rumah Sanur Indonesia.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Jabar Hermansyah menambahkan, konferensi yang akan dibuka Gubernur Jabar Ridwan Kamil itu juga akan diisi acara welcoming dinner yang digelar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis 2 Mei 2019 malam.

"Selaku tuan rumah, Pak Gubernur akan menyerahkan 13 plakat anugerah jejaring pusat kreatif Jawa Barat kepada bupati/wali kota terpilih. Selain sebagai pembicara, Pak Gubernur juga nanti akan membuka acara," katanya. (Baca Juga: Ridwan Kamil: Ekonomi Kreatif Program Unggulan Terbaik Jabar Masa Depan(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5344 seconds (0.1#10.140)