alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hasil Pileg 2019, PDIP Berjaya di Kabupaten Majalengka

Inin Nastain
Hasil Pileg 2019, PDIP Berjaya di Kabupaten Majalengka
Komisioner KPU Kabupaten Majalengka menandatangani berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019. Foto/SINDOnews/Inin Nastain

MAJALENGKA - KPU Kabupaten Majalengka telah menyelesaikan semua tahapan Pileg dan Pilpres 2019 tingkat kabupaten. Dari hasil Pemilu serentak 17 April 2019, partai-partai besar sukses mempertahankan dominasinya.

Ketua KPU Kabupaten Majalengka Agus Syuhada mengatakan, dari hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten, PDI Perjuangan tercatat masih berada di puncak perolehan suara. Kondisi tersebut terjadi untuk semua level, dari DPR RI hingga DPRD Kabupaten.

"Untuk Parpol dari mulai DPR RI, DPRD Provinsi, sampai DPRD Kabupaten masih PDIP, Gerindra, dan Golkaruntuk (posisi) tiga besar," kata Agus seusai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten, Selasa (30/4/2019) sore, di Gedung Sindangkasih, Majalengka.



Saat hari H pencoblosan lalu, masyarakat sempat dibikin bingung dengan DCT untuk Dewan Perwakilan Daeerah (DPD). Banyak dari mereka mengaku tidak mengetahui sosok yang masuk dalam DCT itu.

Kondisi tersebut ternyata menguntungkan bagi Oni Suwarman. Sosoknya yang pernah kerap muncul di televisi, membuat figur Oni mudah dikenal. Jebolan audisi pelawan di TPI itu sukses berada di posisi paling atas. "DPD suara terbanyak itu sekitar 126 ribu, itu (ditempati) Oni," jelas dia.

Sementara, dalam hal angka partisipasi pemilih, KPU mengklaim telah melebihi angka yang ditargetkan. Pada Pemilu 2019 iniĀ  mencapai angka 81,04 persen, lebih besar dari yang ditargetkan di angka 80,00 persen.

"Angka partisipasi tertinggi di Kecamatan Banjaran di angka 87 persen, terus Kecamatan Cigasong 86,99 persen. Yang terbawah Kecamatan Malausma 68,99 persen," papar Agus.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif