Balad Badega Dukung Kabupaten Bandung Bebas Sampah 2020

Selasa, 30 April 2019 - 23:35 WIB
Balad Badega Dukung Kabupaten Bandung Bebas Sampah 2020
Personel Balad Badega diharapkan jadi pelopor dan membantu tugas pemerintah dalam menjaga kebersihan lingkungan. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Kader konservasi Balad Badega mendukung penuh target Kabupaten Bandung bebas sampah pada 2020. Balad Badega akan turut serta mengedukasi masyarakat dalam menjaga lingkungan.

"Kami mengapresiasi terbentuknya Balad Badega hingga ke pelosok desa. Sebagai kader konservasi mereka harus bisa menjaga kebersihan lingkungan dari sampah," kata Kepala Desa Sayati Nandar Kusnandar kepada wartawan di Soreang, Selasa (30/4/2019).

Menurut dia, Desa Sayati merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bandung yang masih memiliki persoalan sampah. Keberadaan Balad Badega selain fungsinya sebagai kader konservasi juga juga bertugas menjaga keamanan dan kehidupan sosial. Terlebih marak informasi sesat atau hoax di media sosial yang rentan membuat masyarakat terpecah belah.

Ke depan Balad Badega akan menjadi edukator dan memberikan edukasi tentang lingkungan, dan hal-hal lain kepada masyarakat. Sehingga kehadirannya harus benar-benar dirasakan manfaatnya di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, demi meningkatkan kualitas dan kompetensi, sebanyak 24 Balad Badega mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) yang diawasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah.

"Karena tugasnya sebagai garda terdepan yang berhadapan dengan warga, maka kompetensi dan kemampuan mereka harus mumpuni. Karena itu kami berikan materi character building dalam kegiatan diklatsar ini," kata Kadis LH Kabupaten Bandung Asep Kusumah.

Dia mengemukakan, ide pembentukan Balad Badega sudah tercetus sejak beberapa bulan tapi baru saat ini terealisasi. Sebelumnya di Kabupaten Bandung sudah terlebih dulu terbentuk Badega Lingkungan yang tugasnya menjaga lingkungan di wilayah Kabupaten Bandung dari industri ”nakal”.

Sebab selain masih banyak industri yang membuang limbah ke sungai, banyak juga yang membuang sampah rumah tangga ke permukiman warga yang berakibat banjir di musim hujan.

"Kami berharap Balad Badega bisa menjadi pelopor di wilayah membantu tugas pemerintah, sekaligus mewujudkan cita-cita Kabupaten Bandung bersih sampah tahun 2020," ujar Asep.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5905 seconds (0.1#10.140)