alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Melihat Kelihaian Ade Ayu Marlita Mengoperasikan Alat Berat

Dzikry Subhanie
Melihat Kelihaian Ade Ayu Marlita Mengoperasikan Alat Berat
Ade Ayu menunjukkan kelihaiannya mengoperasikan unit alat berat Hydraulic Excavator Cat 320 Next Generation pada acara Bincang PERSpektif Trakindo yang digelar di Training Center Trakindo, Cileungsi, Bogor, Jabar, Selasa (30/4/2019). Foto/Istimewa

BOGOR - Di usianya yang 23 tahun, Ade Ayu Marlita membuktikan diri bahwa menaklukkan alat berat bukan hanya bisa dilakukan laki-laki. Berkat keahliannya, Ade dipercaya menjadi Operator Trainer Trakindo Cabang Palembang.

Seusai acara Bincang PERSpektif Trakindo di Trakindo Training Center, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/4/2019), Ade Ayu Marlita pun unjuk kebolehan mengoperasikan alat berat hydraulic excavator kelas 20 ton jenis terbaru yaitu Cat 320 Next Generation.

Sesuai dengan namanya Next Generation, produk ini telah dilengkapi dengan beragam teknologi masa depan dengan performa terbaik di kelasnya, yang mampu memberikan kemudahan pengoperasian bagi penggunanya dengan hasil yang lebih maksimal dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.



Ade Ayu yang merupakan lulusan Politeknik TEDC Bandung, Jawa Barat ini tampak begitu menguasai alat berat itu. Para peserta Bincang PERSpektif Trakindo yang menyaksikan kebolehan Ade Ayu pun berdecak dan bertepuk tangan menyaksikan aksi Ade Ayu.

Menurut Ade, dunia alat berat bukanlah hal yang asing baginya. Sebab, dia tinggal di Tanjung Enim, Sumatera Selatan yang juga banyak area tambang. "Motivasi untuk jadi operator (alat berat) itu dari orang tua. Orang tua di bagian alat berat. Saya tinggal di Tanjung Enim dan di situ dunia pertambangan juga," kata Ade.
Ade Ayu Marlita
Demi mencapai cita-citanya dekat dengan alat berat, Ade pun kuliah di Politeknik TEDC Bandung, mengambil Jurusan Otomotif Alat Berat.

Begitu lulus, Ade bergabung dengan Trakindo sebagai teknisi selama setahun. Lalu, dia mengikuti training menjadi operator di Jakarta yang diadakan kementerian. Setelah dapat sertifikat, dia pun dipercaya Trakindo menjadi operator trainer. "Menjadi operator baru setengah tahun lalu, sebelumnya teknisi," ujar perempuan kelahiran Semarang, 11 November 1995 ini.

Ade pun berbagi tips tentang persiapan yang harus dilakukan sebelum mengoperasikan alat berat. "Tipsnya utamakan safety. Safety itu bukan hanya untuk diri kita sendiri. Kita harus cek keliling dulu apakah ada kebocoran pada unit. Baru kemudian kita safety apakah kita sehat atau tidak," kata Ade yang menyebut daerah rawa sebagai medan yang ingin ditaklukkannya.



(zik)