Warga-Wisatawan Meriahkan Festival Angklung di Waduk Dharma Kuningan

Selasa, 30 April 2019 - 14:24 WIB
Warga-Wisatawan Meriahkan Festival Angklung di Waduk Dharma Kuningan
Warga Kabupaten Kuningan memeriahkan Festival Angklung Internasional di Waduk Dharma. Foto/INewsTV/Toiskandar
A A A
KUNINGAN - Untuk melestarikan budaya dan kesenian tradisional, Kementerian Pariwisata dan Pemkab Kuningan jawa barat menggelar Festival Angklung Internasional di obyek wisata Waduk Dharma, Selasa (30/4/2019) siang.

Dalam acara ini, ratusan warga dan wisatawan kompak memainkan angklung, mamainkan beberapa lagu. Festival ini juga menampilkan sejumlah kelompok pelajar dari sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Ratusan warga berkumpul di obyek wisata Waduk Dharma, Kabupaten Kuningan ini. Mereka masing-masing membawa angklung. Alunan musik angklung yang dimainkan secara massal dipandu oleh seorang dirigen.

Tak hanya warga lokal, tampak pula sejumlah warga asing, seperti Laos, Spanyol, Kazakstan, dan Filipina memeriahkan Festival Angklung Internasional itu. "Suara dan irama alat musik tradisional dari bambdu ini sangat menarik," kata Bupati Kuningan Acep Purnama.

Menurut Acep, musik angklung yang dipadu dengan lagu kekinian semakin digemari masyarakat, terutama generasi milenial. Saat ini, banyak terbentuk kelompok kesenian musik angklug, terutama di sekolah-sekolah.

"Pemerintah daerah dan kementerian akan terus berupaya melestarikan budaya dan kesenian tradisional dan bisa terus dikenal di kancah internasional," ujar Acep.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3447 seconds (0.1#10.140)