alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mudahnya Membuat Gulai Hati Ampela dan Kentang

Tedy Ahmad
Mudahnya Membuat Gulai Hati Ampela dan Kentang
Gulai hati ampela dan kentang. Foto/Istimewa/Instagram

JAKARTA - Gulai hati ampela dan kentang menjadi salah satu makanan yang mudah dibuat, khususnya bagi mereka yang baru belajar memasak tetapi ingin menghasilkan masakan lezat dan menggugah selera.

Nah, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 08.00 WIB. Berikut cara mengolahnya.

Bahan 1:
300 g (7 pasang) hati ampela ayam
400 g (3 buah) kentang, potong serasi



Bahan 2:
15 buah cabai rawit hijau, biarkan utuh, buang tangkainya

Bahan 3: (dirajang)
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih

Bahan 4:
6 sdm minyak goreng
500 ml santan sedang kentalnya
1 saset Desaku Bubuk Gulai Padang
½ sdt garam
1 sdt gula pasir
250 ml santan kental

Cara Membuat:
Rajang bawang putih dan bawang merah. Tumis bawang putih dengan 6 sdm minyak goreng hingga kekuningan. Masukkan bawang merah, tumis kembali hingga harum dan mulai kekuningan.

Larutkan Desaku Bubuk Gulai Padang dengan santan sedang kentalnya, aduk hingga rata. Masukkan larutan tersebut ke dalam tumisan dan masak kembali hingga bumbu larut dan mengembang. Masukkan garam dan gula pasir, aduk hingga larut.

Masukkan kentang, hati dan ampela, masak hingga kuah menyusut, Kecilkan api, masak hingga semua bahan matang kuah mengental dan berminyak. Masukkan santan kental, aduk hingga santan mulai mendidih, matikan api. Taburi dengan cabai rawit. Sajikan selagi panas!



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif