Peringati Hari Bumi, KPLHI-SMPN 1 Kertasari Sedekah Alam di Situ Cisanti

Minggu, 28 April 2019 - 20:24 WIB
Peringati Hari Bumi, KPLHI-SMPN 1 Kertasari Sedekah Alam di Situ Cisanti
Para siswa SMPN 1 Kertasari menanam bibit pohon di Situ Cisanti. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Untuk memperingati Hari Bumi, Komite Pecinta Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) bersama Satgas Citarum Harum Sektor 1 dan siswa SMPN 1 Kertasari menggelar sedekah alam di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Sabtu (27/4/2019).

Sedekah bumi yang dimaksud adalah melakukan penanaman 400 bibit pohon di Situ Cisanti. Ratusan bibit pohon yang ditanam antara lain, pinus, kopi, kelor, kurma tropis, dan flamboyan.

Penanaman pohon dengan tema Conservasi For Citarum Harum ini dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada 22 April. Selain Satgas Citarum Harum, hadir dalam acara penanaman bibit pohon itu, Ketua Umum KPLHI Iwan Setiawan F.

Hadir pula Ketua Dewan Penasehat KPLHI Ai Maryam, Dadang S dari KRPH Wayang Windu, Irwan dari Perhutani, dan Kepala sekolah SMPN 1 Kertasari Adang Setiaman, para guru dan siswa SMPN 1 Kertasari.

Ketua Umum KPLHI Iwan Setiawan F mengatakan, dengan penghijauan di Situ Cisanti, berarti semua ikut melakukan sedekah kepada alam. Ini adalah bukti bahwa kita sangat peduli dengan lingkungan, penanaman pohon ini juga untuk melestarikan Situ Cisanti.

"Dengan bersedekah alam, kita semua ikut menjaga agar oksigen tetap terjaga. Tanam lah pohon di manapun kita berada karena dengan menanam pohon kita ikut serta melestarikan alam," kata Iwan.

Sementara itu, Bamin Log Sektor 1 Citarum Harum Sertu Karnita mengatakan, semoga dengan penanaman pohon itu bisa menumbuhkan bibit rasa kecintaan di hati para siswa SMPN 1 Kertasari kepada alam.

"Sehingga kelak para siswa mengerti akan pentingnya pohon. Minimal mereka akan melestarikan dan menanam pohon di daerah sendiri sebagai bentuk dari sedakah oksigen," kata Karnita.

Karnita mengemukakan, diharapkan semua instansi dan elemen masyarakat ikut ngahejokeun (menghijaukan) bumi. "Mari kita wariskan mata air untuk anak cucu, jangan wariskan air mata kepada mereka," tandas Karnita.

Sedangkan pada Minggu 27 April 2019, Satgas Citarum Harum bersama Yayasan Putri Indonesia Berkarya yang didampingi oleh Ibu Irma Hutabarat melakukan penanaman tanaman vetiver di tepi Situ Cisanti.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.8707 seconds (0.1#10.140)