Catat, Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup 5 Mei-4 Juni 2019

Minggu, 28 April 2019 - 07:48 WIB
Catat, Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup 5 Mei-4 Juni 2019
Kawasan Gunung Ciremai. Foto/Istimewa
A A A
MAJALENGKA - Aktivitas pendakian di Gunung Ciremai, Jawa Barat, akan dihentikan untuk sementara waktu. Penghentian tersebut rencananya dilakukan dalam kurun waktu satu bulan, sejak 5 Mei hingga 4 Juni 2019.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Kuswandono mengatakan, penutupan jalur pendakian di Gunung Ciremai itu bukan pertama kalinya dilakukan. Hal itu sengaja dilakukan untuk pelestarian ekosistem yang ada di sekitar gunung.

"Langkah ini menjadi cara taman nasional untuk memulihkan ekosistem taman nasional, khususnya di jalur pendakian. Ini rutin dilakukan setiap tahun," kata dia kepada SINDOnews, Sabtu (27/4/2019) malam.

Selama penutupan jalur pendakian itu, akan dilakukan pembenahan oleh pengelola. Dengan demikian, ke depan diharapkan masyarakat yang melakukan pendakian akan merasa lebih nyaman lagi. Menurutnya, alam butuh istirahat untuk mengembalikan kebugarannya. Sehingga nantinya bisa menjamu tamu atau pendaki dengan maksimal.

"Selama masa penutupan itu akan dilakukan juga pembenahan oleh pengelola. Dengan demikian nantinya keamanan dan kenyamanan para pendaki lebih terjaga lagi. Nanti yang mengawal adalah rekan-rekan PPGC (Pengelola Pendakian Gunung Ciremai) masing-masing jalur pendakian dan petugas BTNGC," jelasnya.

Terkait alasan penutupan dilakukan pada awal Mei hingga awal Juni, dia menjelaskan tidak lepas dari jumlah kunjungan yang diprediksi mengalami penurunan. Sebab, saat itu berbarengan dengan Bulan Ramadan.

"(Tahun) kemarin-kemarin, kalau bulan puasa kebetulan pendaki sedikit. Maka dimanfaatkan rekan-rekan PPGC untuk perbaikan jalur sekalian ditutup biar ada pemulihan alami," kata dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8478 seconds (0.1#10.140)