Ruang Khusus RSUD Bayu Asih Belum Terisi Caleg Stres

Jum'at, 26 April 2019 - 21:28 WIB
Ruang Khusus RSUD Bayu Asih Belum Terisi Caleg Stres
RSUD Bayuasih Purwakarta. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi.
A A A
PURWAKARTA - Ruang khusus di klinik kesehatan jiwa yang disiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Purwakarta untuk merawat calon anggota legislatif (caleg) stres akibat tak terpilih dalam Pemilu 2019, belum terisi pasien.

Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta Agung Darwis Suriatmaja mengatakan, sampai saat ini belum menerima laporan ada pasien masuk dari klinik kejiwaan. Dia berharap, tidak ada caleg yang menjadi pasien klinik khusus itu.

“Sampai saat ini belum ada laporan. Kalau pun ada pasti saya kasih tahu. Ruangan dan fasilitasnya sudah kami siapkan jauh-jauh hari,” kata Agung kepada SINDOnews, Jumat (26/4/2019).

Dia mengemukakan, fasilitas yang disediakan di ruang khusus itu, berupa tiga tempat tidur plus dua dokter spesialis jiwa yang bersiaga. "Karena memang prosedurnya seperti itu. Setiap rumah sakit, apalagi RSUD harus menyiapkan fasilitas khusus," ujar dia.

Agung menuturkan, sangat manusiawi jika caleg yang kalah mengalami gangguan emosional. Terlebih lagi, bila dalam proses pencalonan itu, sang caleg menghabiskan harta benda. Biasanya hal ini menjadi pemicu meningkatnya konsultasi kejiwaan dengan psikiater.

Sementara itu, berdasarkan data KPU Purwakarta, terdapat 615caleg yang masuk dalam daftar calon tetap (DCT) Pileg 2019.Darijumlah sebanyak itu, hanya 45 orang yang lolos menjadi anggota DPRD Purwakarta periode 2019-2024.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.6517 seconds (0.1#10.140)