Objek Wisata KBB Mulai Buka Besok, Tiket Naik dan Kapasitas Dibatasi 30%

Jum'at, 12 Juni 2020 - 11:53 WIB
loading...
Objek Wisata KBB Mulai Buka Besok, Tiket Naik dan Kapasitas Dibatasi 30%
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna memberi masukan kepada pengelola objek wisata Farmhouse, Lembang, Perry Tristianto terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan ketika kembali beroperasi, Jumat (11/6/2020). SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai melonggarkan aturan dengan memperbolehkan pengelola objek wisata beroperasi kembali, Sabtu (13/6/2020). Syaratnya pengelola wisata harus memberlakukan protokol kesehatan ketat dengan mematuhi aturan jaga jarak serta membatasi jumlah kunjungan hanya 30% dari kapasitas tempat.

"Mulai besok (Sabtu) objek wisata sudah bisa buka. Tapi kami akan tetap pantau soal penerapan protokol kesehatannya serta dievaluasi setiap pekannya," kata Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna saat memantau langsung persiapan objek wisata Farmhouse Lembang, Jumat (12/6/2020). (Baca juga; Pemprov Jabar Targetkan Sektor Pariwisata Kembali Normal Januari 2021 )

Bupati menegaskan, pengelola wisata juga harus menyiapkan pos terpadu COVID-19 bekerja sama dengan TNI/Polri sebagai antisipasi adanya pengunjung yang sakit. Untuk menghindari membeludaknya pengunjung disarankan tiket masuk juga dinaikan 30%. Disarankan tidak menerima kunjungan wisatawan dari luar Jawa Barat dengan melakukan pemeriksaan KTP.

Dirinya tidak ingin dibukanya tempat wisata jadi pemicu munculnya klaster baru persebaran COVID-19 di KBB. Apalagi saat ini KBB sudah berada di zona biru dan targetnya bisa masuk ke zona hijau dengan tidak temukan lagi kasus COVID. Untuk itu, semua wisatawan harus taat aturan menerapkan disiplin kesehatan seperti memakai masker dan rajin mencuci tangan ketika berada di area objek wisata.

"Tiket masuk dinaikan 30%, kapasitas kunjungan dibatasi 30%, dan jangan dulu menerima wisatawan dari luar Jawa Barat. TNI/Polri juga akan ikut mengawasi dan membagi wisatawan ke objek wisata yang lain supaya tidak ada penumpukan di satu titik," tegasnya.
Owner objek wisata Farmhouse, Perry Tristianto mengaku siap membuka operasional wisatanya setelah tiga bulan tutup. Semua spot di objek wisata yang dimilikinya sudah disterilisasi dengan disinfektan diberi tanda pembatas agar satu sama lain bisa menjaga jarak.

Termasuk menyiagakan petugas di pintu masuk untuk mengukur suhu tubuh setiap pengunjung. Untuk kenaikan tiket 30% seperti ke The Great Asia Afrika dari Rp50.000 jadi Rp65.000, Floating Market Rp20.000 jadi Rp30.000 dan Farmhouse Rp25.000 jadi Rp35.000.

"Kita siap buka besok, protokol kesehatan pasti dijalankan. Tiket dinaikan dan kapasitas dibatasi, wastafel cuci tangan ditambah, dan ada pengecekan suhu di pintu masuk," ucapnya. (Baca juga; Pemulihan Sektor Wisata di Cirebon Dilakukan Bertahap )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)