Iptu Dani Kardana Meninggal Dunia karena Kelelahan Jaga Lima PPK

Jum'at, 26 April 2019 - 15:03 WIB
Iptu Dani Kardana Meninggal Dunia karena Kelelahan Jaga Lima PPK
Kepala Urusan Pembinaan dan Oparasional (KBO) Sat Intelkam Polres Purwakarta Iptu Dani Kardana. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Kabar duka kembali menyelimuti korps Polri di jajaran Polda Jabar. Satu lagi anggota Polri gugur diduga akibat kelelahan setelah melaksanakan tugas secara maraton mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019.

Setelah anggota Polsek Cileunyi Ipda (anumerta) Muhamad Saifudin dan anggota Satreskrim Polres Indramayu Aiptu Mashadi meninggal dunia, kali ini Kepala Urusan Pembinaan dan Oparasional (KBO) Sat Intelkam Polres Purwakarta Iptu Dani Kardana gugur pada Jumat (26/4/2019), seusai menjalankan tugas mengamankan rekapitulasi suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). (Baca Juga: Mengeluh Dada Sakit Seusai Kawal Kotak Suara, Polisi Meninggal Dunia
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo mengatakan, Iptu Dani Karna bertugas mengamankan proses penghitungan suara di lima PPK atau lima kecamatan. Almarhum saat meninggal dunia sedang menjalankan tugas, sesuai Sprin Operasi Mantap Brata 2019 sebagai Kepala Analisa dan Evaluasi (Anev) Operasi Mantap Brata 2019 di Purwakarta.

Penugasan almarhum adalah H-7 yaitu dari 17 April 2019 untuk melaksanakan pendampingan di Komisi Pemilihan Umum Kab. Purwakarta dalam rangka pengecekan kesiapsiagaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah hukum Polres Purwakarta. Tugas pendampingan masih dilaksanakan oleh almarhum Iptu Dani Kardana sampai Kamis 25 April 2019 karena penghitungan suara di PPK masih ada lima PPK yang belum selesai.

"Almarhum Iptu Dani melakukan pengecekan di lima PPK. Meski belum selesai penghitungannya, Kamis (24/4/2019) malam kemarin, almarhum mengeluh sakit dada. Lalu oleh pihak keluarga dibawa ke RS Siloam Purwakarta pada Kamis malam. Meski telah mendapatkan penanganan medis, namun Iptu Dani meninggal dunia pada Jumat pagi pukul 06.30 WIB," kata Truno.

Selanjutnya, almarhum dibawa ke rumah duka di Gang Wortel Nomer 5 RT 005/006, Kelurahan Sindangkasih, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Pemakaman dilakukan secara kedinasan. "Pemakaman siang tadi seusai salat Jumat dilakukan secara kedinasan Polri di Kabupaten Purwakarta," ujarnya.

Dengan meninggalnya Iptu Dani, ujar Kabid Humas, berarti tiga anggota Polda Jabar gugur saat melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2019. "Ada tiga anggota Polri di jajaran Polda Jabar yang gugur. Kami berdukacita mendalam atas kepergian almarhum. Untuk keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan," katanya.

Polda Jabar, tutur Truno, akan memberikan penghargaan kepada almarhum Iptu Dani berupa santunan dan kenaikan pangkat satu tingkat menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP) anumerta. "Untuk dua anggota Polri yang gugur kemarin, mendapat penghargaan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Termasuk untuk almarhum Iptu Dani," kata Truno.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0462 seconds (0.1#10.140)