Kurangi Pencemaran, Timberland Ciptakan Sepatu dari Plastik Daur Ulang

Kamis, 25 April 2019 - 23:32 WIB
Kurangi Pencemaran, Timberland Ciptakan Sepatu dari Plastik Daur Ulang
Brand Manager Timberland Indonesia Anita Hartanus memperlihatkan produk sepatu Timberland berbahan plastik daur ulang. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Produsen aparel ternama asal Amerika Serikat, Timberland berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi pencemaran, terutama sampah plastik.

Terlebih, karena sulit terurai, sampah plastik kini menjadi ancaman terhadap kehidupan di bumi. Berangkat dari hal itu, sejak 2001, Timberland mulai konsisten menggunakan bahan plastik dan karet daur ulang dalam produk sepatunya.

"Saat ini, sudah 80 persen sol sepatu Timberland berbahan daur ulang," ungkap Anita Hartanus, Brand Manager Timberland Indonesia saat ditemui di Paris Van Java Mall, Kota Bandung, Kamis (25/42019).

Anita mengemukakan, meski menggunakan bahan daur ulang, namun dia berani menjamin kualitas produk Timberland. Pasalnya, kata Anita, produk Timberland dibuat melalui teknologi dan proses yang teruji.

"Untuk membuat sepasang sepatu, Timberland menggunakan mesin mutakhir bernama ReBOTL, mesin pembuat sol sepatu berbahan plastik daur ulang," ujar dia.

Tak tanggung-tanggung, Anita menuturkan, di seluruh dunia, Timberland setidaknya telah berhasil memanfaatkan kembali 310 juta botol plastik yang didaur ulang menjadi bahan produk-produk Timberland.

"Secara bertahap, penggunaan bahan daur ulang ini akan terus ditingkatkan. Kami ingin, 2020 mendatang, 100 persen sol sepatu Timberland menggunakan plastik daur ulang," tutur Anita.

Disinggung bagian sepatu Timberland mana lagi yang menggunakan bahan plastik daur ulang, Anita tidak menyebut rinci. Dia hanya mengatakan, sekitar 65-75 persen produk Timberland telah menggunakan bahan-bahan daur ulang.

Tidak hanya produk sepatu, sebut Anita, bahan daur ulang juga digunakan Timberland untuk produk lainnya, seperti kaus dan jaket berbahan katun yang ramah lingkungan.

"Jadi, 65 persen produk Timberland itu untuk sepatu, apparael 30 persen, dan 5 persen di aksesoris," ungkap dia.

Anita menambahkan, sebagai wujud dukungan terhadap pelestarian lingkungan, Timberland menyiapkan diskon sebesar 20 persen bagi para pembeli hanya dengan membawa menukarkan botol plastik. "Program diskon tersebut akan kami mulai Mei 2010 mendatang," tandas Anita.

Tidak hanya itu, pada Mei 2019 nanti, Timberland juga bakal meluncurkan produk terbarundi Indonesia, seperti jaket bomber Head W Do Good ‘Owl dengan kain ripstop yang juga diolah dari sampah plastik.

"Kami juga ada kaus katun organic 100 persen yang akan mengingatkan penggunanya untuk tetap mencintai lingkungannya," pungkas dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6190 seconds (0.1#10.140)