Kakorlantas Prediksi Arus Mudik Lebaran 2019 Naik 30 persen

Kamis, 25 April 2019 - 23:18 WIB
Kakorlantas Prediksi Arus Mudik Lebaran 2019 Naik 30 persen
Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Refdi Andri (kanan) saat meninjau Terminal Harjamukti, Kota Cirebon. Foto/INewsTV/Toiskandar
A A A
CIREBON - Kepala Korlantas Mabes Polri Irjen Pol Refdi Andri memprediksi arus mudik lebarna tahun ini naik 30 persen baik melalui tol dan non tol dibanding 2018. Karena itu, persiapan arus mudik dilakukan sejak jauh hari.

"Animo masyarakat untuk mudik cukup tinggi dan jumlah kendaraan terus mengalami peningkatan setiap tahun. Dengan kondisi ini, kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam kelancaran arus mudik dan balik mendatang," kata Refdi di sela kegiatan meninjau jalur pantura dan Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (25/4/2019).

Di Terminal Harjamukti yang melayani angkutan penumpang antarkota antarproinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) itu, Kakorlantas mengecek kondisi sarana dan prasarana, baik ruang tunggu, loket, dan bus.

"Pengecekan ini dilakukan agar kondisi terminal layak dan bus siap digunakan saat arus mudik dan mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan," ujar Kakorlantas.

Sebelum meninjau Terminal Harjamukti, Refdi dan jajaran meninjau kondisi jalur pantura dari Bekasi hingga Cirebon. Hasilnya, Refdi menilai kondisi jalur pantura secara umum cukup baik meski masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Seperti ada perbaikan di sejumlah titik di ruas pantura yang hingga saat ini masih dalam proses pengerjaan. Pihak kepolsiain sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar perbaikan tersebut maksimal bisa rampung sepuluh hari sebelum lebaran.

"Saat ini perbaikan beberapa ruas jalan masih dalam pengerjaan dan diharapkan agar bisa rampung maksimal pada 10 hari menjelang lebaran," tutur Refdi.

Peninjauan jalur arus mudik ini rencananya akan dilanjutkan pada Jumat (26/4/2019) pagi dimulai dari Kota Cirebon menuju Kabupaten Brebes, Tegal, Purwokerto, Jawa Tengah.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7966 seconds (0.1#10.140)