Pasca-longsor di Caringin, Polisi Pastikan Jalur Bogor-Sukabumi Aman Dilintasi

Kamis, 25 April 2019 - 14:41 WIB
Pasca-longsor di Caringin, Polisi Pastikan Jalur Bogor-Sukabumi Aman Dilintasi
alur penghubung antara Kabupaten Bogor dengan Sukabumi atau biasa dikenal Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), tepatnya di Jembatan Cikalang, Jalan Raya Mayjen HE Sukma KM 16, Caringin, Kabupaten Bogor, longsor Rabu 24 April 2019. Foto/SINDOnews/Haryudi
A A A
BOGOR - Jalur penghubung antara Kabupaten Bogor dengan Sukabumi atau biasa dikenal Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), tepatnya di Jembatan Cikalang, Jalan Raya Mayjen HE Sukma KM 16, Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, longsor, Rabu 24 April 2019. Longsor itu diduga akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor sepanjang hari kemarin.

Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, arus lalu lintas dari arah Bogor maupun sebaliknya mengalami gangguan. Karena, salah satu sisi pembatas jalan yang sedang dilakukan pengecoran itu terbawa longsor sepanjang 25 meter dengan ketinggian 7 meter.

Asep (35), warga sekitar mengatakan, peristiwa ini terjadi secara tiba-tiba saat air hujan menggenang di tengah jalan, karena hujan deras sejak Rabu 24 April 2019 siang hingga sore hari tak kunjung reda.

Dia menyebutkan longsor tersebut, juga sempat menimbun dan merusak kandang peternakan serta kolam ikan milik warga. "Kolam ikan habis, bentengan habis kegerus tanah, hewan peliharaan di kandang nggak tahu berapa ekor, ada ayam, bebek. Kita berharap ini kembali ke semula, diperbaikin aja lah gitu aja," paparnya, Kamis (25/4/2019).

Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Caringin Iptu Sumarno menyebutkan, longsor terjadi pukul 14.30 WIB ketika di sekitar lokasi terjadi hujan deras. "Tiang listrik, tiang telepon, dan PJU roboh," katanya.

Akibatnya, aliran listrik warga di sekitar lokasi sempat terputus. Pihaknya menduga longsor diduga akibat fondasi tepi jalan yang sedang dibangun belum kuat menahan beban. "Kan masih pengecoran. Mungkin saat ada aliran air jadi runtuh," ujarnya.

Pihaknya memastikan saat ini arus lalu lintas dari kedua arah Bogor ke Sukabumi maupun sebaliknya sudah cukup aman untuk dilintasi pengendara. "Kita sudah pasang terpal untuk menghindari longsor susulan dan memasang titik batas yang tidak boleh dilintasi kendaraan," jelasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5445 seconds (0.1#10.140)