Gandeng LIPI, Jabar Percepat Penanggulangan Pandemi COVID-19

Kamis, 23 April 2020 - 16:43 WIB
loading...
Gandeng LIPI, Jabar Percepat Penanggulangan Pandemi COVID-19
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja. Foto/Dok/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam upaya mempercepat penanggulangan pandemi virus Corona atau COVID-19 di Provinsi Jabar.Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Setiawan Wangsaatmaja menyatakan, Pemprov Jabar dan LIPI berupaya mewujudkan kerja sama terkait pembangunan dan riset pengembangan daerah, terutama berbasis ekonomi dan ilmu pengetahuan.

Penandatanganan kesepakatan bersama telah dilakukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jabar Tahun 2020 dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Jabar Tahun 2021 melalui video conference pada Rabu 22 April 2020.

Menurut dia, kerja sama dengan LIPI sekaligus wujud antisipatif, proaktif, dan kolaboratif Pemprov Jabar dalam memutus rantai persebaran COVID-19 sekaligus mempercepat penanggulangan pandemi ini di Jabar. (Baca juga; Bantu Penanganan COVID-19, Perbankan Jabar Salurkan APD )

Sementara itu, Ketua LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa pihaknya terus mengembangkan primer untuk uji polymerase chain reaction (PCR) dalam mendeteksi COVID-19. LIPI dengan infrastruktur yang memadai juga terus melakukan penelitian terhadap COVID-19 dalam mengembangkan vaksin dan obat penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu.

Tidak hanya itu, LIPI juga telah melakukan pelatihan agar SDM yang ada bisa melakukan metode PCR maupun mengoperasionalkannya secara maksimal. "Dari pengalaman itu, pusat-pusat riset harus sejak awal dilibatkan sebagai salah satu modal, baik pemerintah pusat maupun daerah dalam menangani kasus seperti ini (pandemi)," katanya.

"Saat ini Cibinong (Science Center) fokus menangani sampel (COVID-19), khususnya dari Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, dan sekitarnya," tambahnya. (Baca juga; Pasien Positif COVID-19 Kota Bogor Bertambah Satu Orang )

Kini, dengan adanya kerja sama dengan Pemprov Jabar yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, pihaknya memastikan bahwa LIPI akan mendukung upaya Jabar dari sisi teknologi dan riset. "Semoga kerja sama ini bisa membuka pintu dan memperkuat apa yang sudah kami lakukan juga (agar) Pemerintah Provinsi Jabar bisa memanfatkan apa yang ada di LIPI," tandasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2586 seconds (0.1#10.140)