Rogoh Kocek Pribadi, Bupati Cellica Santuni Keluarga Anggota KPPS

Selasa, 23 April 2019 - 10:49 WIB
Rogoh Kocek Pribadi,  Bupati Cellica Santuni Keluarga Anggota KPPS
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Istimewa
A A A
KARAWANG - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana berbelasungkawa atas meninggalnya dua orang anggota KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) akibat kelelahan saat menjalankan tugas penghitungan suara. Cellica pun memberikan santunan kepada keluarga anggota KPPS.

Dua orang anggota KPPS meninggal saat menjalankan tugas yaitu Yaya, anggota KPPS Desa Cilewo dan Agus Mulyadi, anggota KPPS Karawang Kulon. Yaya meninggal dunia setelah mengantarkan kotak suara ke kantor desa. Sedangkan Agus meninggal di rumah setelah sempat mengeluh sakit seusai penghitungan suara.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Karawang menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas musibah yang dialami dua anggota KPPS kita saat menjalankan tugas. Sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah, kita akan memberikan santunan kepada keluarga yang ditinggalkan dan semoga bermanfaat," kata Cellica, Selasa (23/4/2019).

Menurut Cellica, santunan yang akan diberikan kepada dua orang anggota KPPS bukan berasal dari anggaran kas daerah. Pemerintah memang memberikan bantuan hibah untuk penyelenggaraan pemilu, namun tidak menganggarkan santunan untuk KPPS.

"Kita tidak menganggarkan itu, makanya pakai uang pribadi saja, tidak perlu mengganggu kas daerah. Soal besarannya saya belum memutuskan," ujar Cellica.

Cellica mengatakan, penyelenggaraan pemilu tahun ini lebih berat karena berlangsung serentak antara pilpres dan pileg. Petugas KPPS perlu kerja keras untuk menyelesaikan tugas mulai dari pencoblosan hingga penghitungan yang harus diselesaikan saat itu juga.

"Surat suara yang dicoblos dan dihitung lebih banyak hingga cukup menguras waktu dan tenaga. Petugas KPPS ini berjasa untuk negara," katanya. (Baca Juga: KPU Usulkan Santunan KPPS Meninggal Sebesar Rp30 Juta(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5854 seconds (0.1#10.140)