Emil Siapkan Santunan bagi 39 Pejuang Demokrasi yang Gugur

Senin, 22 April 2019 - 17:37 WIB
Emil Siapkan Santunan bagi 39 Pejuang Demokrasi yang Gugur
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono. Foto/Istimewa/Pendam Siliwangi
A A A
BANDUNG - Pemprov Jabar telah menyiapkan santunan bagi 37 petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan dua anggota Polri di Jabar yang meninggal dunia karena kelelahan saat menjalankan tugas.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebutkan 39 petugas KPPS tersebut sebagai pejuang demokrasi. Karena itu, Pemprov Jabar akan beri penghargaan karena telah mempertaruhkan nyawa dalam pelaksanaan pemilu 2019.

"Ada 37 anggota KPPS dan dua anggota Polri yang meninggal dunia akibat kelelahan saat menjalankan tugas pada Pemilu 2019. Besok kami akan kumpulkan keluarganya untuk diberikan santunan," kata Emil sapaan akrab Gubernur Jabar, seusai acara silaturahmi ulama, ormas, LSM, dan Forkominda Jabar di Mapolda Jabar, Senin (22/4/2019).

Emil berharap warga Jabar bisa melihat gigihnya perjuangan 39 orang yang gugur saat bertugas menyelenggarakan pesta demokrasi itu, sebagai cerminan menjaga persatuan dan kesatuan.

"Kami berduka melihat kegigihan mereka. Namun kita juga harus melihat bagaimana mereka berjuang demi pemilu, demi demokrasi di Indonesia. Karena itu, patut menjadikan mereka pejuang demokrasi," ujar Emil.

Sementara itu Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, bahwa dua anggota Polri yang gugur saat pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi. "Bagi dua anggota Polri yang gugur saat bertugas, kami berikan pangkat anumerta setingkat lebih tinggi," kata Agung di tempat sama.

Dua anggota Polri yang gugur itu, yakni almarhum Aiptu Saepudin, anggota Bhabinkamtibmas Cilengkrang Polsek Cileunyi dan almarhum Bripka Mashadi, anggota Polres Indramayu. Almarhum Aiptu Saepudin naik pangkat menjadi Ipda (anumerta). Sedangkan Bripka Mashadi menjadi Aiptu (anumerta).

"Untuk anggota yang di Cileunyi itu kelelahan seusai mengantarkan kotak suara. Sedangkan Aiptu Mashadi karena mobilnya kecelakaan saat mengantar kotak suara TPS 14 Desa Plumbon, Indramayu," ujar Kapolda Jabar.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7056 seconds (0.1#10.140)