alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pangdam Perintahkan Personel Tingkatkan Kewaspadaan Amankan Pemilu

Agus Warsudi
Pangdam Perintahkan Personel Tingkatkan Kewaspadaan Amankan Pemilu
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono dan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat meninjau logistik pemilu di Sukabumi. Foto/Istimewa/Pendam Siliwangi

SUKABUMI - Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono memerintahkan personel TNI meningkatkan kewaspadaan dalam mengamankan tahapan Pemilu 2019.

Saat ini, tahapan Pileg dan Pilpres 2019 telah memasuki tahap penghitungan atau rekapitulasi suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Seluruh anggota agar lebih waspada dalam menjaga dan mengawal surat suara. Gunakan prosedur pengamanan yang benar dan adakan pengecekan, (antisipasi) jika ada yang masuk dan tidak dikenal," kata Pangdam saat meninjau beberapa PPK di Kota/Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/4/2019).



Dalam kunjungan itu, Pangdam ditemani Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto. Di Sukabumi Pangdam dan Kapolda meninjau pelaksanaan penghitungan suara di GT Cigombong, PPK Cicurug. Setelah itu ke PPK Cicurug, PPK Kecamatan Parungkuda, PPK Cisaat di GOR Cisaat, PPK Warudoyong di GOR Suryakencana.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, setiap pergerakan kotak suara harus mendapatkan pengawalan dari aparat Polri dan TNI. "Terima kasih atas kerja samanya. TNI dan Polri terus bersinergi dan bersama-sama menjaga dan mengawal surat suara," kata Kapolda.

Kegiatan ini, ujar Agung, dilaksanakan untuk melihat langsung kesiapsiagaan personel pengamanan dan memastikan kondusivitas di PPK dan memastikan Kotak Suara agar dalam keadaan aman dan tersimpan baik sesuai prosedur.

"TNI-Polri berkoordinasi dengan PPK, dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk mengamankan rekapitulasi suara baik di PPK, KPU kota/kabupaten, sampai KPU provinsi," ujar Agung.

Kapolda Jabar juga sudah memerintahkan seluruh kapolres untuk membantu PPK dan Panwascam semaksimal mungkin untuk mengamankan tahapan pemilu. "Saya berharap tidak ada anggota masyarakat yang mencoba-coba untuk mengganggu pesta demokrasi ini," tandas Kapolda.



(awd)

loading...