alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Puasa, Harga Sembako di Kuningan Merangkak Naik

Toiskandar
Jelang Puasa, Harga Sembako di Kuningan Merangkak Naik
Komoditas sayuran dan bumbu dapur di pasar tradisional. Foto/SINDO/Dok

KUNINGAN - Dua pekan menjelang Ramadan, harga sejumlah kebutuhan masyarakat di pasar tradisonal di Kabupaten Kuningan mulai merangkak naik.

Pantauan Minggu (21/4/2019), harga komoditas yang naik, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan tomat naik cukup signifikan hingga 30 persen lebih. Kenaikan harga tersebut ini dikeluhkan para pedagang dan pembeli.

Di Pasar Baru Kuningan, harga sayur 30 persen lebih. Harga bawang merah Rp45 ribu per kilogram, naik dari sebelumnya Rp20 ribu per kg. Bawang putih yang semula Rp27 ribu, kini naik menjadi Rp55 ribu per kg.



Tidak hanya bawang, harga cabai merah dan tomat juga ikut melonjak. Harga cabai merah Rp45 ribu, yang tadinya hanya Rp25 ribu per kg. Sementara, harga tomat naik dari Rp9 ribu per kg, menjadi Rp16 ribu-Rp17 ribu per kg.

Selah seorang pedagang sayuran, Entin, mengatakan, kenaikan harga ini akan terus terjadi sampai mendekati bulan suci Ramadhan. Kondisi itu terjadi picu oleh pasokan yang terus berkurang.

"Harga bumbu naik sejak seminggu lalu. Kenaikan harga sejumlah bahan pokok ini akibat pasokan berkurang. Kenaikan harga ini dikeluhkan pedagang karena omzet turun. Pembeli juga mengeluh karena mahal," kata Entin.



(awd)

loading...