alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kapolda Jamin Keamanan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Jabar

Agus Warsudi
Kapolda Jamin Keamanan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Jabar
CAPTIPON: Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono meninjau PPK Teluk Jambe Timur, Kabupaten karawang. Foto-foto/Istimewa/Pendam III Siliwangi

KARAWANG - Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menjamin keamanan proses penghitungan atau rekapitulasi suara Pemilu 2019, baik Pilpres maupun Pileg di Jawa Barat.

Ketua pimpinan tertinggi TNI dan Polri di Jawa Barat itu memastikan tidak ada indikasi kerawanan selama proses pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di provinsi yang memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia itu.

Di Karawang, Kapolda dan Pangdam meninjau PPK Teluk Jambe Timur dan PPK Karawang Timur. "Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019, lancar dan aman, tidak ada indikasi kerawanan," kata Kapola bersama Pangdam saat meninjau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karawang Timur, Sabtu (20/4/2019).



Kapolda Jamin Keamanan Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 di Jabar

Agung menegaskan, dengan soliditas dan sinergitas TNI, Polri, dan seluruh aparatur pemerintahan serta seluruh komponen masyarakat Jawa Barat yang dikenal santun dan religius, sehingga Pemilu Serentak 2019 berjalan aman.

"Semua aman-aman saja karena yakin masyarakat Jawa Barat santun dan religius. Diharapkan tidak ada anggota masyarakat yang mencoba-coba mengganggu pesta demokrasi ini, karena Polri akan memprosesnya sesuai aturan hukum yang berlaku, " ujar dia.

Pengecekan kesiapan personel pengamanan di PPK seluruh daerah di Jawa Barat, tutur Agung, terus dilaksanakan. Ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman baik kepada masyarakat maupun petugas yang akan melaksanakan penghitungan suara mulai tingkat PPK, KPU kabupaten/kota, hingga KPU provinsi.

"Untuk kesekian kalinya, saya dengan Pangdam ingin melaksanakan kontrol langsung kesiapan petugas di lapangan dalam memberikan rasa aman dan rasa nyaman kepada masyarakat dalam pengamanan Pemilu 2019 baik Pilpres maupun Pileg," tutur Agung.

Seusai mengecek kesiapan pengamanan rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat PPK di Karawang, Kapolda dan Pangdam melanjutkan kunjungan kerja ke Kota dan Kabupaten Bogor.

Di Kabupate Bogor, Kapolda dan Pangdam meninjau PPK Babakan Madang, dan PPK Sukaraja, PPK Cibinong Bogor. Sedangkan di Kota Bogor, ke PPK Bogor Timur, PPK Bogor Tengah, dan PPK Bogor Barat

Tampak hadir dalam peninjauan itu, Direktur Intel Polda Jabar Kombes Pol Arif Rahman, Asintel Kasdam III/Siliwangi Kol Inf Bayu Sudarmanto, Asops Kasdam III/Siliwangi Kol Inf Veri Irawan, Danpomdam III/Siliwangi Kolonel Cpm Yogaswara, Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah Putra, Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Endang Sumardi, Danyon Armed 5 Mayor Inf Krisrantau, Ketua KPU Kabupaten Karawang M Farid, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang Kursin.

Sementara itu, Waka Polda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus didampingi Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma'ruf, melaksanakan pengecekan pengamanan di PPK Ciawi dan PPK Rajapolah, Kota Tasikmalaya.



(awd)