alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tim Alpha dan KAMMu Jabar Kawal Rekapitulasi Suara

Adi Haryanto
Tim Alpha dan KAMMu Jabar Kawal Rekapitulasi Suara
Ketua Relawan Tim Alpha Pasangan Capres-Cawapres 01 Rieke Diah Pitaloka (kiri). Foto/Dok SINDOnews

BANDUNG BARAT - Relawan Paslon Nomor Urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin yang tergabung dalam Tim Alpha dan Korps Angkatan Muda Muhamadiyah (KAMMu) Jawa Barat diminta tidak lengah mengawal rekapitulasi suara KPU. Meskipun hasil hitung cepat menyatakan paslon 01 menang, harus diwaspadai upaya pihak-pihak yang ingin menurunkan perolehan suara Jokowi-Amin khususnya di Jabar.

Ketua Nasional Tim Alpha Rieke Diah Pitaloka mengatakan, gempuran kubu 02 di Jabar harus terus diwaspadai. Bukan hanya selama masa kampanye, tapi juga pascapencoblosan. Oleh sebab itu, seluruh relawan Jokowi di Jabar diinstruksikan tetap memprioritaskan pengawalan suara hingga proses akhir perhitungan suara.

"Seluruh relawan Jokowi-Ma'ruf Amin harus mengawal proses rekapitulasi suara dari mulai PPK hingga terakhir di KPU (Pusat). Ini agar raihan suara yang telah diperoleh dengan keunggulan bisa terkawal dengan baik," ucapnya dalam rilis yang diterima SINDOnews, Sabtu (20/4/2019).



Pertarungan Pilpres 2019 di Jabar menjadi penentuan penambahan suara kepada paslon 01 secara nasional, mengingat DPT Jabar terbesar di seluruh Indonesia. Awalnya, pihaknya memprediksi pada H-7, paslon 01 minimal mencapai perolehan suara hingga 50,7% di Jawa Barat. Namun, ada beberapa dinamika politik yang terjadi di akhir-akhir sehingga mengakibatkan pergeseran suara.

Misal, dukungan kepada paslon 02 dari ustaz-ustaz kondang seperti Aa Gym, Ustaz Adi Hidayat (UAH), Ustaz  Bachtiar Nasir, Ustaz Arifin Ilham yang berdomisili di Jabar. Ataupun tokoh-tokoh nasional yang meskipun bukan asli Jabar tapi sangat dikenal oleh warganya, seperti Mantan Panglima  TNI Gatot Nurmantyo dan Ustaz Abdul Somad (UAS).

"Itu memang di luar perkiraan banyak pihak. Tapi dengan kolaborasi sejumlah relawan Jokowi-Amin termasuk Tim Alpha dan KAMMu Jokowi Jabar berhasil memberikan andil terhadap penambahan suara dibandingkan perolehan suara Jokowi-Kalla pada 2014," sebutnya.

Ketua KAMMu Jokowi Jabar Ibadi Rahman menambahkan, setelah pencoblosan selesai relawan Jokowi-Amin akan terus mengawal suara real count dari KPU dan mengantisipasi pihak yang berusaha mengutak-atik suara. Meski yakin versi quick count sejumlah lembaga survei dan real count KPU tidak akan berbeda jauh dengan keunggulan tetap ada di paslon 01, tapi pihaknya tetap akan menunggu pengumuman resmi dari KPU terlebih dahulu.

"Seperti yang disampaikan oleh Pak Jokowi, kita tetap menunggu hasil akhir yang disampaikan KPU. Kepada relawan Tim Alpha dan KAMMu Jokowi Jabar, perjuangan memenangkan paslon 01 belum selesai, dengan tetap mengawal penghitungan suara hingga selesai," katanya.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif