Kapolrestabes Cek Pengamanan Pleno Rekapitulasi Suara di PPK

Sabtu, 20 April 2019 - 00:24 WIB
Kapolrestabes Cek Pengamanan Pleno Rekapitulasi Suara di PPK
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema. Foto/SINDONews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema dan Dandim 0618 BS Kolonel TNI Herry Subagyo mengecek kesiapan personel pengamanan di seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Bandung, pada Jumat (19/4/2019).

Pengecekan dilakukan untuk memastikan situasi aman dan terkendali menjelang rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019, baik Pilpres maupun Pileg di tingkat PPK.

"Kami mengecek kesiapan personel untuk mengahdapi rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat PPK," kata Irman seusai melakukan pengecekan di PPK Lengkong, Jalan Talaga Bodas, Kota Bandung, Jumat (19/4/2019) malam.

Irman mengemukakan, di masing-masing PPK, Polrestabes Bandung menyiapkan pos pengamanan yang anggotanya terdiri dari personel Polri dari setiap polsek di-backup dari polres dan Polda serta TNI dari Kodim 0618/BS Kota Bandung. Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup.

"Pengamanan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama rapat pleno penetapan suara Pemilu 2019 di PPK berjalan lancar dan konduksi tanpa ada gangguan dan halangan apapun," ujar Kapolrestabes.

Selain itu, tutur Irman, pengecekan dilakukan untuk memastikan para personel siap siaga. Dari pengecekan tersebut, baik personel Polri maupun TNI siap mengawal seluruh rangkaian tahapan Pemilu 2019.

"Sampai saat ini berjalan aman dan kondusif. Logistik dan lain-lain, kami melihat telah disiapkan sebaik-baiknya. Kami dari kepolisian didukung TNI, siap melaksanakan pengamanan tahapan pemilu yang akan memasuki tahap rapat pleno rekapitulasi suara di PPK mulai besok secara serentak di wilayah Kota Bandung," tutur Irman.

Irman juga mengapresiasi kepada masyarakat Kota Bandung yang turut menjaga kondusivitas dan keamanan selama perhelatan Pemilu 2019 berlangsung.

"Kami dari Polrestabes Bandung dan Kodim 0618 BS mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Bandung yang telah berpartisipasi aktif melaksanakan dan menyukseskan pemilu," ungkap Irman.

"Selanjutnya besok akan melaksanakan rapat pleno PPK pada kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menghormati dan menghargai rangkaian kegiatan penetapan tersebut dan juga kita sukseskan serta tetap menjaga kondusifitas Kota Bandung," pungkas Irman.

Sementara itu, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono dan Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto memantau sejumlah gereja di Kota Bandung untuk memastikan perayaan Paskah berlangsung aman.

Kunjungan dilakukan di Gereja Injil Indonesia Hok Im Tong (GII Dago), Jalan Cikapayang, Kota Bandung. Setelah itu, Pangdam dan Kapolda mengecek personel Posko Gabungan Pengamanan Pileg dan Pilres 2019 di Kecamatan Coblong dan Posko Bandung Wetan (Bawet), Jalan RE Martadinata (Riau).

Bahkan Pangdam dan Kapolda juga mengecek pengamanan di PPK pascapenghitungan surat suara Pileg dan Pilpres di TPS-TPS Wilayah Kota Cimahi, antara lain PPK Kota Cimahi, PPK Cimahi Utara, dan PPK Cimahi Tengah.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud dari tekad Pangdam III/ Siliwangi dan Kapolda Jabar untuk memberikan rasa aman, damai dan nyaman kepada masyarakat pasca pencoblosan hingga penghitungan suara dan pelantikan Presiden nantinya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2011 seconds (0.1#10.140)