Pemilu 2019, 10 Petugas TPS di Jabar Meninggal Dunia

Jum'at, 19 April 2019 - 16:05 WIB
Pemilu 2019, 10 Petugas TPS di Jabar Meninggal Dunia
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Rifqi Ali Mubarok. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Sepuluh petugas tempat pemungutan suara (TPS) di beberapa daerah di Jawa Barat, meninggal dunia saat melaksanakan tugas menyiapkan sarana prasarana, pemungutan, dan penghitungan suara Pemilu 2019.

"Musibah itu diketahui setelah KPU Jabar menerima laporan petugas KPPS dari lima kota kabupaten. Kesepuluh petugas TPS yang meninggal dunia tersebut tersebar di lima kabupaten/kota, yakni Garut, Purwakarta, Ciamis, Tasikmalaya, dan Pangandaran. Kita mengupayakan memberikan santunan kepada keluarga yang ditinggalkan karena mereka tidak terproteksi," Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Rifqi Ali Mubarok di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Jumat (19/4/2019).

Rifqi mengemukakan, penyebab 10 petugas TPS itu meninggal sebagian besar akibat serangan jantung karena faktor kelelahan. Ada juga yang meninggal setelah menerima laporan kekurangan surat suara, kemungkinan stres.

"Kepada almarhum, KPU Jabar menyampaikan ucapan turut berbelasungkawa yang sebesar-besarnya. Semoga almarhum mendapatkan balasan setimpal. Mudah-mudahan husnulkhatimah. Mereka bisa mengawal pemilu dan demokrasi berjalan baik. Bagi keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan dan ketawakalan atas musibah ini," ujar dia.

Rifqi menuturkan, ke depan musibah ini jadi bahan evaluasi. Pemilu diupayakan tidak memakan waktu durasi cukup lama. "Kami mengharapkan petugas KPPS di TPS yang akan melanjutkan penghitungan dan menggelar pemungutan suara susulan tetap menjaga profesionalitas dan kesehatan. Semoga berjalan baik dan lancar," kata Rifqi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3747 seconds (0.1#10.140)