alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pilpres 2019, Gubernur Imbau Semua Pihak Menahan Diri

Agung Bakti Sarasa
Pilpres 2019, Gubernur Imbau Semua Pihak Menahan Diri
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/SINDONews/Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengimbau semua pihak, khususnya di Jabar, menahan diri terkait hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Sebaiknya menunggu hasil penghitungan suara Pemilu 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dia tak menghendaki, hasil hitung cepat (quick count) ditanggapi secara berlebihan. "Tunggu penghitungan dari KPU. Quick count adalah jendela ilmiah untuk merekam, kira-kira begitu. Walaupun keakurasian dan track record-nya saya kira memadai," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.



Sambil menunggu hasil penghitungan suara KPU, ujar Emil, meminta seluruh masyarakat Jabar kembali fokus pada aktivitas masing-masing sekaligus menghindari isu-isu yang meresahkan.

Dia menegaskan, segala urusan pemilu sebaiknya dipercayakan kepada pihak penyelenggara. "Pleno (akan digelar) sebulan dari sekarang. Selama pleno, hindari mengonsumsi berita yang mungkin meresahkan. Contohnya screenshoot penghitungan KPU yang masih hilir mudik karena baru dihitung terus dipilah seolah menjadi opini final," tutur Emil mencontohkan.

"Saya juga meminta agar tidak ada ekspresi berlebihan kepada siapapun yang nantinya menang, kita perlihatkan sikap dengan cara dan akhlak yang baik. Yang penting pemilu di Jabar secara umum lancar, kalau pun ada kekeliruan bisa diselesaikan oleh sistem hukum yang sudah diatur," pungkas Gubernur.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif