Bupati Karawang Pastikan Pilkades Serentak Digelar Tahun ini

Rabu, 15 Agustus 2018 - 16:31 WIB
Bupati Karawang Pastikan Pilkades Serentak Digelar Tahun ini
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Foto/Dok SINDOnews
A A A
KARAWANG - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 67 desa harus digelar tahun ini juga. Alasannya, pemerintah sudah menetapkan waktu penyelenggaraan Pilkades Serentak 11 November 2018.

Meski terkendala oleh anggaran, pihaknya memastikan masalah tersebut bisa dicarikan solusinya. "Terkait masalah anggaran, kemarin Pak Ketua DPRD bicara sama saya ingin meminta pertimbangan, baik dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) maupun KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) terkait memungkinkan nggak sih kita laksanakan (pilkades serentak), terkait anggaran yang akan dibuat di (APBD) Perubahan (2018)," kata Cellica, Rabu (15/8/2018).

Cellica mengatakan pemerintah memutuskan pilkades dipercepat dan dilaksanakan akhir tahun ini, dari rencana sebelumnya tahun 2019. Alasannya, tahun 2019 merupakan tahun politik Pemilu dan Pilpres 2019. "Memang terkesan ini mendadak di luar rencana tapi kalau dilaksanakan tahun 2019 kita repot karena banyak agenda nasional," katanya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Karawang Teddy Rusfendy Sutisna menyebutkan, pelaksanaan pilkades serentak tersebut sudah menjadi keputusan bupati dan direstui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Karena itu, Teddy menilai pelaksanaan pilkades serentak itu tidak mungkin dibatalkan.

"Kami telah mengonsultasikan hal ini ke Mendagri dan yang bersangkutan menyetujuinya. Bahkan hal serupa dilakukan juga oleh sejumlah daerah lainnya di Indonesia," ujar Teddy.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2815 seconds (0.1#10.140)