alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kasus Surat Suara Tertukar Terjadi di Beberapa Desa

Inin Nastain
Kasus Surat Suara Tertukar Terjadi di Beberapa Desa
Surat suara tertukar di Majalengka. Foto/Istimewa

MAJALENGKA - Kasus tertukarnya surat suara untuk DPRD Kabupaten di Kabupaten Majalengka pada pencoblosan Rabu (17/4/2019) kemarin terjadi di banyak titik. Kendati begitu, kasus itu dipastikan tidak akan memicu terjadinya Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka Agus Asri Sabana mengatakan, selain di Kecamatan Bantarujeg yang masuk Dapil 5, surat suara tertukar juga terjadi di beberapa desa yang berbeda dapil. Kasus tersebut di antaranya terjadi di sebagian Kecamatan Kadipaten (Dapil 1), Kecamatan Cingambul (Dapil 5), Kecamatan Ligung (Dapil 2), dan Kecamatan Palasah (Dapil 3).

"Namun hanya di beberapa TPS-nya, tidak semua TPS. Di angka belasan TPS lah, dan yang tertukar itu semuanya surat suara DPRD Kabupaten," kata Agus di kantornya, Kamis (18/4/2019).



Terkait hal itu, jelas Agus, telah diambil beberapa keputusan. Yang jelas, lanjut dia, kejadian itu tidak berujung dilakukannya PSU. "Suara yang sudah tercoblos di luar dapil tetap sah, tapi suaranya untuk partai. Yang belum tercoblos, menjadi surat suara yang tidak terpakai," ujarnya. (Baca juga: Ada Surat Suara yang Tertukar di Desa Ini).



(zik)