alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kapolda Jabar Imbau Masyarakat Tak Berlebihan Sikapi Quick Count

Agus Warsudi
Kapolda Jabar Imbau Masyarakat Tak Berlebihan Sikapi Quick Count
Pangdam dan Kapolda Jabar mengendarai sepeda motor saat Patroli Gabungan TNI-Polri di Kota Bandung. Foto/Istimewa/Pendam III Siliwangi

BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tak melakukan euforia berlebihan dan terburu-buru menyikapi hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019.

Imbauan itu disampaikan Kapolda Jabar saat memimpin Patroli Gabungan TNI-Polri di Kota Bogor bersama Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Rabu (17/4/2019). Dua petinggi kepolisi dan TNI di Jawa Barat tersebut memantau TPS 24 dan 25 di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

"Kapolda Jabar mengimbau masyarakat tetap tenang, tidak terlalu euforia menyikapi dan terburu-buru menanggapi hasil quick count (hitung cepat). Masyarakat diharapkan menunggu hasil dari KPU," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnuandiko.



Sebelum ke Kota Bogor, Pangdam dan Kapolda Jabar beserta jajaran memimpin Patroli Gabungan TNI-Polri di Kota Bandung. Kedua pimpinan tertinggi TNI dan Polri di Provinsi Jawa Barat itu memantau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Bandung.

Patroli gabungan dengan mengendarai sepeda motor tersebut dilaksanakan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat yang sedang menggunakan hak pilih mereka pada Pemilu 2019 dengan melakukan pencoblosan di TPS. Tampak pula ikut dalam patroli keamanan Pemilu 2019 itu, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema.

Rombongan Pangdam dan Kapolda bersama jajaran berangkat dari Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung.  Sejumlah TPS yang pertama dipantau adalah di Jalan Ruhana, Lengkong Kecil yang terdiri dari TPS 20 RW 02, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong. Setelah itu, rombongan melanjutkan pemantauan di TPS 1-8 dan tambahan TPS 38 yang berderet di kawasan Jalan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar.

Selanjutnya, Pangdam dan Kapolda diikuti oleh pejabat utama Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar melanjutkan patroli ke TPS 35-42 Jalan Kelenteng, RW 08, Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir
.
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, Kapolda Jabar dan Pangdam melakukan komunikasi dengan petugas dan masyarakat terkait keamanan pelaksanaan kegiatan pemungutan suara.

"Dalam kunjungan tersebut Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi memberikan arahan dan penekanan terkait pelaksanaan tugas pengamanan di lapangan. Kapolda juga mengimbau masyarakat agar ikut mewujudkan Pileg dan Pilpres 2019 berlangsung aman, damai dan sejuk," kata Truno.

Sementara itu Patroli Gabungan TNI-Polri juga digelar di seluruh wilayah jajaran Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi. Seperti di Kabupaten Tasikmalaya, patroli gabungan dipimpin oleh Wakapolda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif