alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Antisipasi Musim Kemarau, Kodim 0604 Karawang Siapkan 50 Pompa Air

Nilakusuma
Antisipasi Musim Kemarau, Kodim 0604 Karawang Siapkan 50 Pompa Air
Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Endang Sumardi siap mengerahkan prajurit dan pompa air untuk membantu petani yang kesulitan air saat musim kemarau berlangsung Mei mendatang. Foto/SINDOnews/Nilakusuma

KARAWANG - Memasuki awal musim kemarau yang diprakirakan terjadi mulai awal Mei 2019 ini, Kodim 0604 Karawang siap membantu petani.

Ratusan personel Kodim akan dikerahkan untuk membantu petani yang akan mengalami kesulitan air saat musim kemarau berlangsung. Tak hanya itu, Kodim 0604 juga menyiapkan 50 unit pompa air untuk mengairi sawah yang berada di atas sungai.

"Kami siapkan anggota babinsa yang berjumlah ratusan orang untuk membantu petani yang mengalami kesulitan air nanti. Pemetaan debit air sudah kami lakukan untuk memprediksi wilayah yang mengalami kekeringan. Ini kami lakukan untuk mengantisipasi musim kekeringan nanti di berbagai wilayah di Karawang," kata Komandan Kodim (Dandim) 0604 Karawang Letkol Inf Endang Sumardi, Rabu (17/4/2019).



Menurut Endang, menghadapi El-nino dimusim kemarau diprediksa sejumlah wilayah di Karawang seperti wilayah Karawang Selatan atau Kecamatan Cilamaya akan berpotensi mengalami kesulitan air. Sebanyak 50 unit pompa air akan diturunkan ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan.

"Kami bersama Perum Jasa Tirta sedang melakukan pemetaan menyeluruh debit air irigasi yang menjuju persawahan. Dari pemetaan ini nanti kita akan mengetahui sampai daerah mana air yang disuplai ini masuk kepersawahan," ujar dia.

Endang mengatakan dia sudah meminta seluruh anggota babinsa untuk melaporkan potensi kekeringan diwilayah mereka bertugas. Jika menemukan persawahan yang mengalami kekeringan mereka diminta untuk segera bertindak membantu petani.

"Kami punya pompa air yang disebar disejumlah daerah yang rawan mengalami kekeringan. Jika memang terjadi kekeringan mereka bisa langsung bertindak membantu petani," tutur Dandim.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif