Jokowi-Amin Menang Telak di Lapas Sukamiskin

Rabu, 17 April 2019 - 15:01 WIB
Jokowi-Amin Menang Telak di Lapas Sukamiskin
Joko Widodo-Maruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Lapas Sukamiskin. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Hasil penghitungan suara di dua tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Jalan AH Nasution, mencatat pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Perbedaan raihan suara di lapas khusus narapidana korupsi itu cukup siginifikan di TPS 65 maupun 75. Di TPS 75, pasangan Jokowi-Maruf meraih 153 suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapatkan 105 suara. Surat suara tidak sah sebanyak 11 suara.

Sementata, di TPS 65, pasangan Joko Widodo-Maruf Amin meraih suara 172 suara, Prabowo-Sandiaga 111 suara. "Surat yang tidak sah di TPS 65 ini tercatat tiga suara," kata Ketua KPPS 65 Rangga Wulung.

Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto mengatakan, sebagian besar warga binaan terakomodir menyalurkan hak pilihnya. Adapun mereka yang tak bisa mencoblos, lebih karena faktor administrasi.

Tejo menyatakan, hanya 15 orang yang tidak bisa mencoblos, meski pihaknya sudah melakukan upaya koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Dari pantauan, para pemilih di Lapas Sukamiskin tidak hanya dilakukan oleh para narapidana. Terlihat petugas dan sebagian wartawan ikut menyalurkan hak pilihnya di sana.

Diketahui, pada Pemilu 2019, dari 480 warga binaan atau napi di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, sebanyak 473 napi di antaranya memiliki hak pilih.
Mereka masuk dalam daftar pemilih tetap tambahan (DPTb).

"Sampai saat ini DPTb hampir seluruh WBP (warga binaan pemasyarakatan) bisa menggunakan hak pilih mereka," kata Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9706 seconds (0.1#10.140)