Aksi Dua Pencuri Kotak Amal di Masjid Agung Cimahi Terekam CCTV

Selasa, 16 April 2019 - 20:55 WIB
Aksi Dua Pencuri Kotak Amal di Masjid Agung Cimahi Terekam CCTV
Salah seorang pengurus Masjid Agung Cimahi, Jalan Kaum, Alun-alun, Kota Cimahi, menunjukkan rekaman CCTV saat dua pencuri membawa kabur kotak amal. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Aksi dua pria yang nekat melakukan pencurian kotak amal di Masjid Agung Cimahi, Jalan Kaum, Alun-alun, Kota Cimahi, terekam kamera CCTV.

Geram dengan ulah pelaku, pengurus masjid kemudian menyebarluaskan rekaman CCTV tersebut ke media sosial sehingga menjadi viral.

Aksi pencurian ini dilakukan oleh para pelaku Senin (15/4/2019) sekitar pukul 19.00 WIB. Nampaknya para pelaku tidak menyadari jika di titik tempat kotak amal yang berukuran sekitar 70 x 70 cm itu disimpan ada kamera pengawas.

Dalamrekaman closed circuit television (CCTV) terlihat kotak amal tersebut disimpan di depan pintu gerbang masjid bagian belakang.

Awalnya terlihat satu orang pelaku yang mangawasi situasi di sekitar lokasi. Ketika dirasa situasi aman, satu pelaku yang lain masuk untuk mengambil kotak amal tersebut.

Saat itu aksinya sempat diketahui seorang jemaah yang akan melaksanakan ibadah salat Isya. Namun rupanya dia tidak menyangka kalau yang mengangkat kotak amal itu adalah kawanan pencuri.

"Saat terjadi aksi pencurian situasinya memang sepi karena jemaah dan pengurus masjid tengah melaksanakan ibadah salat Isya," kata Petugas Keamanan Masjid Agung Cimahi, Heryanto kepada wartawan, Selasa (16/4/2019).

Dia menduga kedua pelaku yang mencuri kotak amal kabur dengan menggunakan sepeda motor. Posisi kotak amal yang berada di bagian belakang masjid, membuat para pelaku leluasa dalam menjalankan aksinya.

Kejadian itu sendiri diketahui setelah pengurus masjid melaksanakan ibadah sholat Isya, yang kemudian melakukan pengecekan ke lokasi dan memeriksa CCTV.

Lebih lanjut, kejadian pencurian kotak amal ini bukan hanya kali ini saja, tetapi sudah tiga kali terjadi. Namun pencurian kali ini terbilang nekat, karena kotak amalnya juga dibawa pelaku bukan hanya uangnya saja.

Kotak amal yang telah dicuri itu sudah enam hari tidak dibuka, namun diprediksi jumlah uang yang ada di dalamnya tidak akan terlalu banyak. Ini dikarenakan lokasi kotak amal itu memang jarang dilewati jamaah.

"Pengurus masjid sudah membuat laporan ke Polsek Cimahi, semoga para pelakunya bisa segera tertangkap," kata dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8037 seconds (0.1#10.140)