Balado Tempe Tetelan Dijamin Bikin Ketagihan, Bikin di Rumah Yuk

Selasa, 16 April 2019 - 05:35 WIB
Balado Tempe Tetelan Dijamin Bikin Ketagihan, Bikin di Rumah Yuk
Balado tempe tetelan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Meski harganya murah, tempe bisa diolah menjadi hidangan lezat. Bahan makanan ini tak kalah nikmat dibandingkan bahan makanan lain. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam menu. Balado tempe tetelan misalnya.

Makanan ini bisa menjadi pilihan untuk makan siang hari ini. Balado tempe tetelan semakin terasa nikmat jika disantap bersama sepiring nasi putih hangat. Berikut resep membuatnya seperti dikutip akun Instagram @rudydansahabat.

Bahan-bahan:
250 g tetelan sapi, rebus hingga empuk
400 g tempe, potong dadu, goreng
15 buah petai, belah 2 bagian
4 buah cabai merah, belah 2 bagian, buang biji dan potong 2 cm
6 sdm minyak goreng
250 ml air
1 saset Desaku Bubuk Balado
1 sdt garam
1 sdm gula pasir

Bumbu halus:
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 buah tomat

Cara membuat:
Haluskan bawang putih, bawang merah dan tomat. Tumis bumbu halus dengan 6 sdm minyak goreng hingga harum dan matang. Larutkan Desaku Bubuk Balado dengan air, aduk hingga rata. Lalu masukkan larutan ke dalam tumisan dan masak kembali hingga bumbu larut dan mengembang.

Masukkan garam dan gula pasir, aduk rata hingga larut. Kecilkan api, lalu masukkan petai, cabai merah dan tetelan sapi, masak hingga cabai beraroma tidak langu dan semua bahan terbalut dengan bumbu. Masukkan tempe, aduk rata. Matikan api, angkat dan balado tempe tetelan siap dihidangkan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1734 seconds (0.1#10.140)