Lebaran 2019, Mudik ke Sumedang-Cirebon Bisa Lewat Tol Cisumdawu

Senin, 15 April 2019 - 19:47 WIB
Lebaran 2019, Mudik ke Sumedang-Cirebon Bisa Lewat Tol Cisumdawu
Sekda Jabar Iwa Karniwa saat meninjau pembangunan trowongan Tol Cisumdawu beberapa waktu lalu. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Meski masih dalam proses pengerjaan, ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) disiapkan sebagai jalur alternatif mudik Lebaran 2019.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa setelah pihaknya menerima informasi terbaru terkait kesiapan Tol Cisumdawu untuk mudik Lebaran 2019.

Menurut Iwa, berdasarkan laporan dari Satuan Kerja (Satker) Tol Cisumdawu yang diterima pekan lalu, ruas Tol Cisumdawu yang akan difungsikan untuk mudik adalah Rancakalong-Sumedang tepatnya di Seksi II Tol Cisumdawu. "Cisumdawu yang sudah siap sepanjang 5,5 kilometer," kata Iwa di Bandung, Senin (15/4/2019).

Kini, ujar Iwa, pihak Satker Tol Cisumdawu tengah menyiapkan akses di wilayah Tanjungsari dan Rancakalong serta Sumedang bagi para pemudik untuk mengakses ruas tol yang difungsikan tersebut.

"Sekarang sedang disiapkan akses masuk dan keluar tolnya, sudah signifikan nanti akan tersambung ke jalan provinsi," tutur dia.

Iwa mengakui, pengerjaan akses ini masih menemui beberapa kendala, terutama di beberapa titik badan jalan yang belum selesai. "Ini agak menghambat pembangunan fisiknya, tapi sudah kami rapatkan bagaimana penyelesaiannya," ungkap Iwa.

Guna mendukung pengerjaan akses tersebut, pihaknya berharap sejumlah lahan bisa segera dibebaskan karena sudah mengantongi keputusan Mahkamah Agung.

Kemudian, pihaknya juga mendorong agar sejumlah lahan yang sudah ditelaah Pemkab Sumedang dibebaskan setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. "Ini akan diakselerasi setelah pemilu," kata Sekda.

Iwa menambahkan, terowongan kembar Tol Cisumdawu di daerah Rancakalong nantinya hanya akan digunakan satu sisi dari arah Bandung ke Cirebon.

Sementara, meski sudah tuntas pengerjaannya, satu terowongan lagi belum akan difungsikan karena memerlukan beberapa persiapan utilitas, seperti pemasangan rambu lalu lintas dan lain-lain. "Yang difungsikan masih satu arah, dari Bandung ke Cirebon," ujar Iwa.

Menurut dia, arus mudik ke arah Cirebon, terutama Sumedang, bisa menggunakan dua jalur pilihan, yakni melalui Tol Cisumdawu yang difungsikan dan jalan nasional via Cadas Pangeran.

Sehingga, kemacetan lalu lintas di jalur Bandung-Sumedang yang kerap kali terjadi diharapkan dapat ditekan.

"Nanti detil pengaturannya oleh Dishub (Dinas Perhubungan), tapi ini (Tol Cisumdawu) bisa difungsikan," tandas Iwa.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.8014 seconds (0.1#10.140)