alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemilu 2019, Abu Bakar Ba'asyir Golput

Agus Warsudi
Pemilu 2019, Abu Bakar Baasyir Golput
Abu Bakar Baasyir. Foto/Dok SINDO

BANDUNG - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir tak akan menggunakan hak pilih alias golput pada Pemilu 2019. Pernyataan golput itu disampaikan Abubakar Ba'asyir kepada Kepala Lapas Gunung Sindur, Bogor.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar Abdul Aris mengatakan, pihaknya tetap memfasilitasi seluruh warga binaan, narapidana dan tahanan, yang menghuni lapas maupun rumah tahanan (rutan) untuk menggunakan hak pilih mereka. Hal itu berlaku pula bagi narapidana teroris. Namun, Abu Bakar Ba'asyir, pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin, Ngruki, Solo, Jawa Tengah itu, menolak menggunakannya. Pihak Lapas Gunung Sindur pun tak bisa memaksa.

"Yang bersangkutan (Abu Bakar Ba'asyir) menyampaikan (tak menggunakan hak pilih) ke Kalapas Gunung Sindur," kata Abdul saat mengunjungi Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Senin (15/4/2019).



Abdul Aris mengemukakan, pihaknya tak mempermasalahkan jika ada warga binaan yang golput. Sebab, hal tersebut merupakan hak, termasuk untuk Abu Bakar Ba'asyir. Selain Abubakar Ba'asyir, Divpas Kemenkum Ham Jabar juga memfasilitasi napi terorisme lain yang mendekam di Lapas dan Rutan Gunung Sindur.

Dari total 178 napi teroris di Rutan Gunung Sindur, 112 napi di antaranya masuk daftar pemilih tetap (DPT). "Intinya kita memfasitasi agar mendapatkan DPT. Mau memilih atau enggak ya terserah dia," ujar Abdul.



(zik)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif