Persiapan Pemilu 2019 Hampir Rampung

Senin, 15 April 2019 - 06:43 WIB
Persiapan Pemilu 2019 Hampir Rampung
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut persiapan Pemilu 2019 mencapai 90 persen. Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, persiapan pemilu hampir sempurna dari segi logistik dan teknis pelaksanaan.

"Persiapan pemilu sudah sekitar 90 persen. Hampir semua provinsi sudah mengirimkan logistiknya dari kecamatan untuk diteruskan ke desa, kemudian dari desa diteruskan ke TPS," ucap Ilham di Jakarta, kemarin.

Menurut Ilham, untuk wilayah dengan kondisi geografis yang sulit, KPU mengirimkan logistik pemilu menggunakan helikopter. "Di Maluku Utara, Sulawesi Barat, Papua, pokoknya yang secara geografis sulit sudah kami kirimkan pakai helikopter. Selanjutnya, dikirim ke kecamatan-kecamatan," ujarnya.

Ilham juga mengatakan dari sisi penyelenggaraan, KPU juga telah memberikan bimbingan teknis kepada kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Komisioner KPU Viryan Azis memastikan proses persiapan pemungutan suara di Pemilu 2019 sudah hampir rampung. "Kesiapan kami, pertama mengenai logistik, hampir rampung, sudah 98 persen," ucapnya.

KPU menargetkan logistik Pemilu 2019 sudah sampai di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia, yang berjumlah 809 ribu, paling lambat satu hari sebelum pencoblosan.

"Persiapan untuk sumber daya manusia panitia pemungutan suara juga hampir tuntas. Bimbingan teknis kepada panitia dan pembentukan KPPS sedang diselesaikan," jelasnya.

Pemutakhiran DPT juga sudah tuntas dilaksanakan. Pembaruan DPT karena pemilih pindah lokasi TPS juga telah selesai dilakukan. "Dapat kami sampaikan kesiapan KPU untuk Pemilu 2019 di angka 98 persen," tegasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0159 seconds (0.1#10.140)