Atraksi Bongkar Pasang Senjata Meriahkan Pelantikan Lulusan Dikmata TNI AD

Sabtu, 13 April 2019 - 22:27 WIB
Atraksi Bongkar Pasang Senjata Meriahkan Pelantikan Lulusan Dikmata TNI AD
Demonstrasi bongkar pasang senjata dengan mata tertutup oleh lulusan Dikmata TNI AD TA 2018 memukau undangan. Foto-foto/Istimewa/Pendam III Siliwangi
A A A
BANDUNG - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono melantik dan mengambil sumpah 360 orang Tamtama Remaja lulusan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang II Tahun Anggaran (TA) 2018 di Lapangan Makorindam III/Siliwangi, Jalan Manado Nomor 4, Kota Bandung, Sabtu (13/4/2019).

Ke-360 Prajurit yang dilantik tersebut berasal dari latar belakang berbeda-beda. Ada yang dari keluarga petani, TNI, PNS, Purnawirawan, buruh, dan lain-lain.

Saat upacara pelantikan, Pangdam melepas tanda pangkat siswa, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan tanda pangkat Prajurit Dua (Prada) TNI kepada perwakilan.

Atraksi Bongkar Pasang Senjata Meriahkan Pelantikan Lulusan Dikmata TNI AD


Selanjutnya, upacara ditandai dengan pengambilan sumpah prajurit oleh Panglima dan Rohaniawan kepada lulusan Dikmata dan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah berita acara sumpah.

"Selamat atas keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan sehingga dilantik menjadi Prajurit Dua. Saya bangga dengan kalian karena kalian merupakan generasi muda pilihan yang telah menguatkan hati dan pikiran memilih jalur pengabdian melalui profesi sebagai Prajurit TNI AD," kata Pangdam III/Siliwangi Mayjen Tri Soewandono.

Menurut Panglima, tidak semua pemuda bisa mendapatkan kepastian dan dapat menjadi Prajurit TNI AD. Sebab harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan.

"Karena itu, kalian harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan diwujudkannya keinginan kuat kalian untuk memberikan pengabdian terbaik kepada TNI AD, bangsa, dan negara," ujar Panglima.

Bagi para Tamtama lulusan Dik mata TNI AD Gelombang II TA 2018, tutur Tri, hari ini merupakan momentum bersejarah dalam kehidupan prajurit. Sebab, mulai hari ini mereka sudah berada pada titik awal untuk memulai pengabdian sebagai Bhayangkari Negara dan Bangsa.

"Konsekuensi setelah mengikuti pendidikan, pelantikan, dan sumpah sebagai prajurit, maka mulai hari ini status kalian telah berubah dari warga masyarakat umum menjadi prajurit TNI dengan menyandang pangkat Prajurit Dua," tutur Tri.

Panglima berpesan kepada prajurit muda terebut agar menjauhkan sikap sombong. Tampilkan keteladanan dalam bertutur, bersikap, dan bertindak serta selalu memberikan rasa nyaman bagi masyarakat di manapun mereka berada dan bertugas.

Manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan kerabat dekat lainnya sebelum mengikuti pendidikan kecabangan beberapa waktu mendatang.

"Siapkan fisik dan mental guna meraih ilmu pengetahuan baik teori maupun praktik sebagai bekal berkarya menghadapi tugas di satuan nantinya," ungkap Pangdam.

Selesai upacara pelantikan, para tamu undangan disuguhi demonstrasi Koloni Senapan, Bela Diri Militer, HR, dan bongkar pasang senjata dengan mata tertutup yang dilakukan oleh para lulusan Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2018.

Atraksi Bongkar Pasang Senjata Meriahkan Pelantikan Lulusan Dikmata TNI AD


Hadir pada acara tersebut, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo dan jajaran pejabat utama Kodam III/Siliwangi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8900 seconds (0.1#10.140)