Minibus Tertabrak KA di Jalan Sumatera, 1 Orang Tewas

Sabtu, 13 April 2019 - 01:36 WIB
Minibus Tertabrak KA di Jalan Sumatera, 1 Orang Tewas
Petugas Diskar PB Kota Bandung mengevakuasi mobil minibus naas yang tertabrak kereta di perlintasan Jalan Sumatera. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Mini bus warna putih berplat nomor D 210 ICA tertabrak kereta api jurusan Pangandaran-Bandung di perlintasan kereta api Jalan Sumatera, Kota Bandung, Jumat (12/4) sekitar pukul 23.50 WIB.

Akibat tertabrak kereta, selain kondisi mobil rusak berat, satu dari dua penumpang mobil naas itu meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan satu penumpang lainnya luka berat. Kedua korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin atau RSHS Bandung.

Namun, identitas korban belum diketahui. Saat ini petugas tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), meminta keterangan saksi, dan pendataan untuk mendapatkan identitas korban.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, sebelum kecelakaan terjadi, sirine tanda kereta akan melintas berbunyi. Selain itu, palang pintu menutup.

Kereta jurusan Pangandaran Bandung melaju dari dari arah timur menuju barat, Stasiun Bandung. Namun sebelum palang pintu menutup sempurna, mobil minibus naas masuk ke perlintasan. Tabrakan keras pun tak terhindarkan.

Minimbus tersebut terseret dan terpental beberapa meter dari lokasi perlintasan. Posisi terakhir mobil terbalik dengan roda berada di atas. Peristiwa tersebut membuat para pengendara dan warga sekitar geger. Mereka berdatangan mendekat ingin melihat korban dan mobil nahas tersebut.

"Seingat saya, palang pintu menutup, mobil itu masuk. Di saat bersamaan, ada mobil itu yang melintas, menyeberang perlintasan. Mungkin karena tanggung. Pas melintas, mobil langsung terhantam kereta. Benturannya keras sekali," kata Rudi, pengguna jalan, di lokasi kejadian.

Rudi mengemukakan, penumpang minibus tersebut dua orang. Satu di antaranya laki-laki meninggal dunia dan satu lagi dibawa ke RS Hasan Sadikin dengan kondisi luka berat. "Katanya ada yang meninggal. Korban langsung dibawa ke RS Hasan Sadikin," ujar Rudi.

Sementara itu, informasi lain menyebutkan, kecelakaan itu diduga karena palang pintu rel kereta api di perlintasan KA Jalan Sumatera terlambat menutup beberapa saat kereta hendak melintas.

Akibatnya, minibus nekat menerbos perlintasan meski kereta tengah melintas. "Kronologi pastinya belum ada yang tahu. Tetapi kemungkinan, diduga palang pintu perlintasan telat menutup dan pada saat bersamaan, mobil melintas. Biasanya kalau palang pintu menutup kan ada jeda waktu sebelum kereta melintas," tutur Iman, saksi mata lain di lokasi kejadian.

Petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mengevakuasi kendaraan naas tersebut. Jelang pukul 01.00 WIB, petugas berhasil mengevakuasi mobil dan diamankan di Mapolrestabes Bandung.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2923 seconds (0.1#10.140)