Setiap Tahun Pemkab Karawang Obati 3.500 Penderita TBC

Jum'at, 12 April 2019 - 20:38 WIB
Setiap Tahun Pemkab Karawang Obati 3.500 Penderita TBC
Ilustrasi/Istimewa
A A A
KARAWANG - Jumlah penderita penyakit Tubercolosis (TBC) di Kabupaten Karawang, masih tergolong tinggi. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang, setiap tahun Pemkab Karawang mengobati 3.500 penderita TBC.

Pihak Dinkes Karawang menyiapkan anggaran pengobatan untuk 7.000 penderita TBC per tahun.

"Kami menyediakan anggaran untuk 7.000 penderita, tapi yang berhasil kami data hanya 3.500 orang. Kami kesulitan menemukan penderita TBC karena masih banyak warga yang enggan atau malas melapor ke puskesmas untuk diobati," kata pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Kesehatan Karawang Nurdin Hidayat, Jumat (12/4/2019).

Nurdin mengaku berdasarkan temuan dilapangan diketahui masih banyak warga yang malas untuk berobat ke Puskesmas karena alasan pengobatannya memakan waktu lama hingga enam bulan.

Padahal meski memakan waktu enam bulan pengobatan penderita TBC penting untuk kesembuhan si pasien atau masyarakat sekitar. "Memang demi kesembuhan penyakit TBC harus diobati dengan rutin selama enam bulan. Tapi ada saja warga yang malas untuk berobat," ujar dia.

Menurut Nurdin pemerintah Kabupaten Karawang sudah menyediakan anggaran bagi pengobatan TBC gratis untuk warga yang menderita. Perawatan pasien juga memiliki standar yang baik di seluruh puskesmas.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6118 seconds (0.1#10.140)