Kemhan Teken Kontrak Pengadaan Tank Harimau dan Alutsista Lainnya

Jum'at, 12 April 2019 - 13:51 WIB
Kemhan Teken Kontrak Pengadaan Tank Harimau dan Alutsista Lainnya
Menhan Ryamizard Ryacudu seusai penandatanganank kontrak pengadaan alutsista di PT Pindad. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Kementerian Pertahanan (Kemhan) menandatangani kontrak pengadaan alat utama sistem pertahanan dan keamanan (alutsista) serta pengadaan konstruksi senilai USD1,4 miliar dan Rp2,1 triliun.

Penandatangan pengadaan melibatkan sejumlah BUMN seperti PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, PT PAL, PT Dahana, dan lainnya. Pada kesempatan tersebut, juga disepakati kerja sama pengembangan kapal selam diesel elektrik antara PT PAL dan Daiwoo Shipbuilding and Marine Engineering.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, total kontrak yang ditandatangani sebanyak 25 kontrak. Meliputi alutsista dan pengadaan alat konstruksi untuk Kemhan RI dengan nilai USD1,4 miliar dan Rp2,1 triliun.

Beberapa kontrak pengadaan di antaranya Tank Harimau dan Ranpur 8x8 Cobra, amunisi, senjata ringan, dan lainnya. Juga pengadaan Helikopter Super Puma PT DI.

"Ini komitmen kuat pemerintah untuk pengadaan secara cepat dan akuntabel untuk menyerap anggaran," kata Menhan seusai penandatangan kontrak di Aula PT Pindad, Kota Bandung, Jumat (12/4/2019).

Ryamizard meminta Sekjen Kemhan bisa melakukan penyerapan anggaran secara cepat dan tepat sasaran untuk dukung alutsista. Namun, pengadaan alutsistanya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan ancaman saat ini.

"Karena ancaman nyata dialami negara-negara di dunia. Sehingga, perlu perhatian serius, misalnya teroris, narkoba, bencana alam. Ini perlu strategi bersama. BUMN harus dukung pembangunan alutsista ini. Sehingga kita tidak dipandang sebelah mata oleh dunia," tegas dia.

Direkrut Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, proyek ini menjadi pemesanan tercepat yang pernah ada. Dua produk yang cukup mencolok untuk pemesanan ini adalah Tank Harimau dan Ranpur 8x8 dengan jumlah unit sekitar 18 hingga 20.

Rencananya, proyek tersebut bakal diselesaikan dalam waktu tiga tahun ke depan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4380 seconds (0.1#10.140)